Pengembangan Model Pelatihan Kepala Sekolah Berbasis “Seulangke” untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala SMP Negeri Kabupaten Aceh Selatan

Maidar (2024) Pengembangan Model Pelatihan Kepala Sekolah Berbasis “Seulangke” untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala SMP Negeri Kabupaten Aceh Selatan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196119002_Cover.pdf] Text
8196119002_Cover.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 8196119002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196119002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196119002_Abstrak.pdf] Text
8196119002_Abstrak.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of 8196119002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196119002_Kata_Pengantar.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of 8196119002_Daftar_Isi.pdf] Text
8196119002_Daftar_Isi.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 8196119002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196119002_Daftar_Tabel.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 8196119002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196119002_Daftar_Gambar.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 8196119002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196119002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 8196119002_BAB_I.pdf] Text
8196119002_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8196119002_BAB_V.pdf] Text
8196119002_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196119002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196119002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi model pelatihan kepala sekolah berbasis budaya Aceh “Seulangke” untuk peningkatan kompetensi kepala SMP Negeri di lingkungan Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan menuggunkan model Ploom. Penelitian ini melibatkan 36 orang kepala sekolah. Perangkat pelatihan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah berupa buku model (BM), modul pelatihan (MP) dan panduan pelatihan (PP). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu berupa lembar validasi, observasi keterlaksanaan model dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pelatihan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, dilihat dari sisi validitas isi rata-rata 4,7 dan validitas konstruk rata-rata 4.6. Sedangkan uji reabilitas soal diperoleh sebesar 0,914. Perangkat keterlaksanaan model yang dikembangkan juga memenuhi kriteria valid dengan kategori 4,6 dan kriteria praktis dilihat aktivitas peserta pelatihan berada pada kriteria terpenuhi, (2) Perangkat pelatihan yang dikembangkan memenuhi tingkat ketuntasan klasikal pada uji coba I dan II (3) respon peserta 86,66% pada uji coba I dan 83,70% pada uji coba II, (4) Terdapat peningkatan nilai N-Gain terhadap peningkatan kompetensi peserta dengan menggunakan perangkat pelatihan berbasis seulangke yang dikembangkan pada uji coba I sebesar 66,27% dalam kategori sedang dan pada uji coba II sebesar 65,15 dalam kategori juga sedang. Dengan demikian, model pelatihan MPKS-Seulangke berada pada kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.12 Mai p
Keywords: Kompetensi, Kepala Sekolah, Pelatihan dan Seulangke.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 May 2025 02:26
Last Modified: 08 May 2025 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62197

Actions (login required)

View Item
View Item