Amrizal, Dedi (2024) Pengembangan Model Monev Kepuasan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik Di FISIP USU. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8186114018_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Cover.pdf
Download (543kB)
![[thumbnail of 8186114018_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8186114018_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Abstrak.pdf
Download (640kB)
![[thumbnail of 8186114018_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Kata_Pengantar.pdf
Download (926kB)
![[thumbnail of 8186114018_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8186114018_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Daftar_Tabel.pdf
Download (652kB)
![[thumbnail of 8186114018_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Daftar_Gambar.pdf
Download (627kB)
![[thumbnail of 8186114018_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (355kB)
![[thumbnail of 8186114018_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_BAB_I.pdf
Download (16MB)
![[thumbnail of 8186114018_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_BAB_V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 8186114018_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8186114018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Mutu pelayanan akademik yang terbangun di perguruan tinggi belum mencapai tingkat kepuasan tertinggi dari mahasiswa yang belajar disana. Pelayanan di FISIP USU menurut data yang ada masih belum memenuhi indikator dari pelayanan akademik. Peningkatan mutu pelayanan akademik tidak bisa diharapkan pada fakultas dan prodi yang belum memanfaatkan dengan benar pelaksanaan monev kepuasan mahasiswa. Selain itu, pelaksanaan monev kepuasan mahasiswa belum menjadi faktor penting pada pembuatan kebijakan dan perbaikan kebijakan terkait pelayanan terbaik di FISIP USU dalam rangka memenuhi tingkat kepuasan mahasiswa. Model monev kepuasan mahasiswa yang ada selama ini hanya menjadi alat pelengkap akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Model monev kepuasan mahasiswa belum diubah fungsi menjadi penentu pelayanan akademik yang merupakan kunci keberhasilan sebuah program studi dikancah persaingan mendapatkan mahasiswa dan perhatian orang tua. Keefektivan pelaksanaan monev kepuasan mahasiswa belum mampu menjamin keberlanjutan pelayanan berkualitas dari UPPS dan PS. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menemukan karakteristik model monev kepuasan mahasiswa dalam meningkatkan mutu layanan akademik di FISIP USU; (2) untuk mengetahui kelayakan model monev kepuasan mahasiswa dalam meningkatkan mutu layanan akademik di FISIP USU; (3) untuk menganalisis efektivitas model monev kepuasan mahasiswa dalam meningkatkan mutu layanan akademik di FISIP USU. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Untuk mendukung metode penelitian ini, subjek populasi penelitian ini dalam uji coba adalah mahasiswa. Sedangkan sample Uji Gain digunakan dosen dan tendik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen penelitian pada saat uji coba divalidasi dan reliabilitasi. Instrumen untuk FGD, Implementasi dan Uji Gain juga divalidasi oleh fasilitator LLDIKTI dengan hasil sangat layak. Untuk Pengujian N-Gain teruji dengan kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa Model Monev Kepuasan Mahasiswa yang dikembangkan teruji efektif dalam meningkatkan pelayanan akademik di FISIP USU. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terbentuknya karakteristik yang mendukung tangibles, realibility, responsiveness, assurance, emphaty, pelayanan akademik unsur pimpinan fakultas; pelayanan akademik unsur pimpinan program studi; pelayanan sistem rekrutmen mahasiswa baru; pelayanan penasehatan akademik; dan pelayanan aktivitas suasana akademik dengan hasil yang meningkat pada pelayanan akademik untuk menjadi dasar dari model monev kepuasan mahasiswa di FISIP USU; (2) kelayakan model monev kepuasan mahasiswa yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan mutu layanan akademik di FISIP USU teruji melalui hasil SPSS dan keputusan fasilitator LLDIKTI yang ada; (3) model monev kepuasan mahasiswa spmi teruji efektif dalam meningkatkan mutu layanan akademik di FISIP USU. Model ini dapat menjadi solusi peningkatan pelayanan akademik di fakultas dan program studi melalui perhatian yang serius kepada kepuasan yang dirasakan ditingkat mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.113 Amr p |
Keywords: | Model, Monev, Kepuasan_Mahasiswa, Mutu dan Pelayanan_ Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 May 2025 09:10 |
Last Modified: | 07 May 2025 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62193 |