Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kesantunan Pragmatik Sebagai Strategi Antiperundungan di Taman Kanak-Kanak

Nasution, Fadhilah Syam (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kesantunan Pragmatik Sebagai Strategi Antiperundungan di Taman Kanak-Kanak. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216184004_Cover.pdf] Text
8216184004_Cover.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 8216184004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216184004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216184004_Abstrak.pdf] Text
8216184004_Abstrak.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 8216184004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216184004_Kata_Pengantar.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 8216184004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216184004_Daftar_Isi.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 8216184004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216184004_Daftar_Tabel.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8216184004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216184004_Daftar_Gambar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8216184004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216184004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 8216184004_BAB_I.pdf] Text
8216184004_BAB_I.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 8216184004_BAB_V.pdf] Text
8216184004_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216184004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216184004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lingkungan sekolah menjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa. Guru dapat menangani perilaku perundungan dengan strategi anti perundungan kepada pelaku dan korban yang sebaliknya dilakukan langsung oleh guru. Perilaku perundungan seperti fisik dan bahasa (verbal). Fisik seperti menendang, melempar benda dan bahasa (verbal) seperti mengejek dan memanggil tidak dengan sebutan nama. Hakikatnya bahwa kesantunan berbahasa adalah etika dalam bersosialisasi di lingkungan dengan penggunaan bahasa yang baik dan tujuan berbicara yang santun. Tujuan penelitian untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis kesantunan pragmatic yang valid, efektif dan layak digunakan guru sebagai strategi antiperundungan di Taman Kanak-Kanak. Produk dalam penelitian menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain metode R dan D dengan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang melibatkan 30 guru di Taman Kanak kanak, Medan Tembung. Hasil kevalidan menyatakan analisis ahli materi dengan rata-rata 71,5 menyatakan valid, ahli Bahasa dengan rata-rata 88,46 dinyatakan sangat valid dan ahli desain dengan rata-rata 75,0 dinyatakan valid. Kelayakan model pembelajaran didasari pada angket kelayakan yang didasarkan pada instrumen penilaian bahan ajar. Keefektifan model pembelajaran terlihar dari hasil analisis efektifitas model pembelajaran berdasarkan uji coba produk yaitu kelompok kecil dan uji coba terbatas. Novelty dalam penelitian ini bahwa adanya perpaduan antara kesantunan tingkah laku dan kesantunan pragmatik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.21 Nas p
Keywords: Model Pembelajaran, Kesantunan Pragmatik, Perundungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 May 2025 07:27
Last Modified: 07 May 2025 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62189

Actions (login required)

View Item
View Item