Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Berbasis PBL Berbantuan IT di SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi

Siregar, Muhammad Fadhil Hidayat (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Berbasis PBL Berbantuan IT di SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171013_Cover.pdf] Text
8216171013_Cover.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 8216171013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216171013_Abstrak.pdf] Text
8216171013_Abstrak.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 8216171013_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171013_Kata_Pengantar.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 8216171013_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171013_Daftar_Isi.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 8216171013_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171013_Daftar_Tabel.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of 8216171013_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171013_Daftar_Gambar.pdf

Download (831kB)
[thumbnail of 8216171013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 8216171013_BAB_I.pdf] Text
8216171013_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 8216171013_BAB_V.pdf] Text
8216171013_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216171013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis Problem Based Learning berbantuan IT yaitu google sites pada pembelajaran matematika; 2)Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi; 3) Untuk mengetahui Apakah kemandirian belajar siswa yang diberi model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa padakelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi; 4) Untuk melihat Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah; 5) Untuk melihat Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu).Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Islam TerpaduNurul `Azizi; 2) Kemandirian belajarsiswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi; 3) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi; 3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul `Azizi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.152 072 Sir a
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar, Problem Based Learning, Lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 May 2025 09:21
Last Modified: 06 May 2025 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62169

Actions (login required)

View Item
View Item