Suharmita (2024) Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Apresiasi Matematika Siswa SMP Dharma Pancasila Medan. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226172011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Cover.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of 8226172011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Abstrak.pdf
Download (733kB)
![[thumbnail of 8226172011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Kata_Pengantar.pdf
Download (698kB)
![[thumbnail of 8226172011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Daftar_Tabel.pdf
Download (671kB)
![[thumbnail of 8226172011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Daftar_Gambar.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 8226172011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (399kB)
![[thumbnail of 8226172011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 8226172011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226172011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226172011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan apresiasi matematika siswa SMP Dharma Pancasila Medan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan; 3) peningkatan apresiasi matematika peserta didik melalui e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Define (Definisi), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) E modul berbasis problem based learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan apresiasi matematika siswa SMP Dharma Pancasila Medan, sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan e-modul berbasis problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan apresiasi matematika siswa menggunakan e-modul berbasis problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,21 meningkat menjadi 0,32 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Suh p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul, Model ADDIE, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Apresiasi Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:15 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62157 |