Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Apresiasi Matematika Siswa SMP Dharma Pancasila Medan

Suharmita (2024) Pengembangan E-Modul Melalui Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Apresiasi Matematika Siswa SMP Dharma Pancasila Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226172011_Cover.pdf] Text
8226172011_Cover.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 8226172011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226172011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172011_Abstrak.pdf] Text
8226172011_Abstrak.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 8226172011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226172011_Kata_Pengantar.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of 8226172011_Daftar_Isi.pdf] Text
8226172011_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226172011_Daftar_Tabel.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of 8226172011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226172011_Daftar_Gambar.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 8226172011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226172011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 8226172011_BAB_I.pdf] Text
8226172011_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8226172011_BAB_V.pdf] Text
8226172011_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226172011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226172011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan apresiasi matematika siswa SMP Dharma Pancasila Medan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan; 3) peningkatan apresiasi matematika peserta didik melalui e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Define (Definisi), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) E modul berbasis problem based learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan apresiasi matematika siswa SMP Dharma Pancasila Medan, sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan e-modul berbasis problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,36 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan apresiasi matematika siswa menggunakan e-modul berbasis problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,21 meningkat menjadi 0,32 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Suh p
Keywords: Pengembangan E-Modul, Model ADDIE, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Apresiasi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 09:15
Last Modified: 02 May 2025 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62157

Actions (login required)

View Item
View Item