Al Karim, Dini Safitri (2024) Pengembangang Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Soal Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 3 Medan. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216171005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Cover.pdf
Download (566kB)
![[thumbnail of 8216171005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216171005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Abstrak.pdf
Download (643kB)
![[thumbnail of 8216171005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Kata_Pengantar.pdf
Download (869kB)
![[thumbnail of 8216171005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Daftar_Isi.pdf
Download (828kB)
![[thumbnail of 8216171005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Daftar_Tabel.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of 8216171005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Daftar_Gambar.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 8216171005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 8216171005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_BAB_I.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of 8216171005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_BAB_V.pdf
Download (617kB)
![[thumbnail of 8216171005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216171005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektiffan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis soal Hots untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficscy dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis dan lembar angket self efficacy yang diberikan ke siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Medan pada siswa kelas VIII. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Perangkat yang dikembangkan valid dengan (a) hasil validasi RPP rata-rata sebesar 3,4, lembar kerja peserta didik sebesar 3,6, Tes kemampuan berpikir kritis sebesar 3,8, dan lembar angket Self Efficacy sebesar 3,8. 1) Validitas perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) menggunakan soal Hots meliputi RPP, LKPD, TKBK, Angket Self Efficacy yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria dari para ahli dan praktisi dan dapat digunakan; (3) Keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning menunjukkan ketuntasan klasikal pretest siswa pada uji coba sebesar 20% dan posttest 87%; (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning yang dikembangankan diperoleh N-Gain sebesar 0,6 pada kategori sedang; (5) Self-Efficacy yang dimiliki oleh siswa diperoleh 80% dimana siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan/
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Kar p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model 4-D, Pengembengan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:56 |
Last Modified: | 02 May 2025 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62155 |