Pengembangang Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Soal Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 3 Medan

Al Karim, Dini Safitri (2024) Pengembangang Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Soal Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 3 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171005_Cover.pdf] Text
8216171005_Cover.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 8216171005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216171005_Abstrak.pdf] Text
8216171005_Abstrak.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 8216171005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171005_Kata_Pengantar.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 8216171005_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171005_Daftar_Isi.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of 8216171005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171005_Daftar_Tabel.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8216171005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171005_Daftar_Gambar.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 8216171005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 8216171005_BAB_I.pdf] Text
8216171005_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8216171005_BAB_V.pdf] Text
8216171005_BAB_V.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of 8216171005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektiffan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis soal Hots untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficscy dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis dan lembar angket self efficacy yang diberikan ke siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Medan pada siswa kelas VIII. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Perangkat yang dikembangkan valid dengan (a) hasil validasi RPP rata-rata sebesar 3,4, lembar kerja peserta didik sebesar 3,6, Tes kemampuan berpikir kritis sebesar 3,8, dan lembar angket Self Efficacy sebesar 3,8. 1) Validitas perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) menggunakan soal Hots meliputi RPP, LKPD, TKBK, Angket Self Efficacy yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria dari para ahli dan praktisi dan dapat digunakan; (3) Keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning menunjukkan ketuntasan klasikal pretest siswa pada uji coba sebesar 20% dan posttest 87%; (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning yang dikembangankan diperoleh N-Gain sebesar 0,6 pada kategori sedang; (5) Self-Efficacy yang dimiliki oleh siswa diperoleh 80% dimana siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan/

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Kar p
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model 4-D, Pengembengan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Self Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 08:56
Last Modified: 02 May 2025 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62155

Actions (login required)

View Item
View Item