Perbandingan Pendekatan Inkuiri dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa Sekolah SMA Negeri 1 Bilah Hulu

Hutasuhut, Addiestya Rosa (2024) Perbandingan Pendekatan Inkuiri dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa Sekolah SMA Negeri 1 Bilah Hulu. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226171006_Cover.pdf] Text
8226171006_Cover.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8226171006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226171006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171006_Abstrak.pdf] Text
8226171006_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226171006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171006_Daftar_Isi.pdf] Text
8226171006_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226171006_Daftar_Tabel.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 8226171006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226171006_Daftar_Gambar.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 8226171006_BAB_I.pdf] Text
8226171006_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8226171006_BAB_V.pdf] Text
8226171006_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8226171006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226171006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri dan pendekatan pendidikan matematika problem solving; mengetahui perbedaan peningkatan self confidence siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri dan pendekatan pendidikan matematika problem solving; mengetahui perbedaan antara pendekatan inkuiri dan pendekatan pendidikan matematika problem solving terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self confidence. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian quasy experiment. Data diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis terdiri atas Pre-test dan Post-test siswa serta angket untuk melihat self confidence siswa. Berdasarkan hasil uji independen T-Test N-Gain Skor kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh nilai signifikansi 0,001, sehinga disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan inkuiri dan pendekatan problem solving. Selanjutnya untuk self confidence nilai signifikansi 0,000, maka disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan self confidence siswa dengan pendekatan inkuiri dan pendekatan problem solving. Selanjutnya untuk hasil penelitian perbedaan peningkatan yang ditinjau dari indikatornya yaitu terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada indikator 2, indikator 3, dan indikator 4 yang ada siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving, dan untuk indikator 1 tidak terdapat perbedaan signifikan. Untuk self confidence tidak terdapat perbedaan signifikan pada indikator 2 antara siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri dan siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving. Terdapat perbedaan signifikan peningkatan self confidence pada indikator 1, indikator 3, dan indikator 5, siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving. Dan pada indikator 4, siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Hut p
Keywords: Pendekatan Inkuiri, Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Self-Confidence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2025 08:05
Last Modified: 02 May 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62149

Actions (login required)

View Item
View Item