Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL)

Nasution, Mia Marhamah (2024) Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216175006_Cover.pdf] Text
8216175006_Cover.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 8216175006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216175006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216175006_Abstrak.pdf] Text
8216175006_Abstrak.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 8216175006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216175006_Kata_Pengantar.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of 8216175006_Daftar_Isi.pdf] Text
8216175006_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216175006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216175006_Daftar_Tabel.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 8216175006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216175006_Daftar_Gambar.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 8216175006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216175006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 8216175006_BAB_I.pdf] Text
8216175006_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8216175006_BAB_V.pdf] Text
8216175006_BAB_V.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 8216175006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216175006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis model PBL yang memenuhi kualitas ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas, serta mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis model PBL dan yang tidak menggunakan e-modul berbasis model PBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAS Budisatrya Medan. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dijadikan kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dijadikan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diisi oleh validator digunakan untuk menilai kevalidan e-modul yang dikembangkan, lembar respon guru dan lembar respon peserta didik digunakan untuk menilai kepraktisan e-modul yang dikembangkan, sedangkan tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik digunakan untuk menilai keefektifan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan e-modul berbasis model PBL berdasarkan penilaian ahli media termasuk dalam kategori sangat valid dan ahli materi termasuk dalam kategori valid, (2) hasil uji kepraktisan e-modul berbasis model PBL berdasarkan lembar respon guru dan peserta didik keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) hasil uji keefektifan e-modul berbasis model PBL berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik memperoleh N-gain sebesar 0,65 dengan kriteria sedang, (4) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis model PBL dan yang tidak menggunakan e-modul berbasis model PBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Nas p
Keywords: E-modul, Problem Based Learning, Pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:50
Last Modified: 30 Apr 2025 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62143

Actions (login required)

View Item
View Item