Pengaruh Model PjBL terintegrasi STEAM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa

Panjaitan, Dita Trisna (2024) Pengaruh Model PjBL terintegrasi STEAM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176009_Cover.pdf] Text
8226176009_Cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8226176009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226176009_Abstrak.pdf] Text
8226176009_Abstrak.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 8226176009_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176009_Daftar_Isi.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of 8226176009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176009_Daftar_Tabel.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8226176009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176009_Daftar_Gambar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8226176009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8226176009_BAB_I.pdf] Text
8226176009_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8226176009_BAB_V.pdf] Text
8226176009_BAB_V.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 8226176009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh project based learning (PjBL) terintegrasi STEAM terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Kisaran T.A 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 1 (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik simple random sampling, masing masing kelas berjumlah 36 orang. Instrumen tes yang digunakan berbentuk essay yang masing-masing mengukur keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji manova, N-gain dan uji korelasi. Nilai rata-rata pretes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 36,66 dan kelas kontrol sebesar 36,61. Nilai rata-rata pretes berpikir kreatif kelas eskperimen sebesar 27,5 dan pada kelas kontrol sebesar 25,27. Hasil uji manova data pretes menunjukkan kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 78,6 dan kelas kontrol sebesar 67,6. Nilai rata-rata postes berpikir kreatif kelas eskperimen sebesar 77,9 dan pada kelas kontrol sebesar 63,3. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji manova data postes menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, yang berarti terdapat pengaruh PjBL terintegrasi STEAM terhadap berpikir kritis dan kreatif siswa. Peningkatan N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 66% (kategori sedang) dan berpikir kreatif sebesar 60% (kategori sedang). Nilai uji korelasi sebesar 0,552 (kategori sedang) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif keterampilan berpikir kritis dengan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Pan p
Keywords: project based learning, STEAM, berpikir kritis, berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:27
Last Modified: 30 Apr 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62135

Actions (login required)

View Item
View Item