Simamora, Monika Meriana (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Berdiferensiasi Kelas VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226121013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Cover.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 8226121013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226121013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Abstrak.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8226121013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Kata_Pengantar.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 8226121013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Daftar_Isi.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 8226121013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Daftar_Tabel.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 8226121013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Daftar_Gambar.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of 8226121013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 8226121013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_BAB_I.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 8226121013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_BAB_V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8226121013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226121013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (248kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keefektifan multimedia pembelajaran berdiferensiasi berbasis Smart Apps Creator (SAC) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII di UTP SPF SMP Negeri 2 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan berikut: (1) tahap analysis untuk melakukan studi pendahuluan, (2) tahap design untuk merancang multimedia pembelajaran, (3) tahap development untuk mengembangkan multimedia dan uji kelayakan oleh ahli, (4) tahap implementation untuk melakukan uji coba kepada pengguna dan (5) tahap evaluation untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SMP Negeri 2 Sunggal, melibatkan siswa kelas VIII. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, dengan 32 siswa di kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi berbasis Smart Apps Creator dan 32 siswa di kelas kontrol yang diajarkan tidak menggunakan multimedia Smart Apps Creator. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) persentase validasi kelayakan multimedia pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi menggunakan Smart Apps Creator, oleh ahli materi adalah 94,44% dengan kriteria sangat layak, oleh ahli media adalah 94,17% dengan kriteria sangat layak, dan oleh ahli desain pembelajaran adalah 93,61% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba perorangan adalah 76,67% dengan kriteria layak, uji coba kelompok kecil menghasilkan 88,33% dengan kriteria sangat layak, dan hasil uji coba lapangan adalah 91,04% dengan kriteria sangat layak. (2) efektivitas multimedia pembelajaran berdiferensiasi bahasa Inggris yang dikembangkan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) menunjukkan adanya perbedaan dalam hasil belajar siswa antara kelas eksperimen (yang diajarkan dengan multimedia Smart Apps Creator) dan kelas kontrol (yang diajarkan tidak dengan multimedia Smart Apps Creator). Kelas eksperimen mencapai rata-rata hasil belajar sebesar 82,75, sedangkan kelas kontrol mencapai rata-rata hasil belajar sebesar 61,63. Uji hipotesis menggunakan uji-t independen pada skor post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan hasil �ℎ����� > ����� (9.89 > 2.00). Ini berarti perbedaan rata-rata antara dua kelompok signifikan pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas yang diajarkan menggunakan multimedia pembelajaran berdiferensiasi bahasa Inggris dan kelas yang tidak diajarkan dengan multimedia tersebut. Dengan demikian, pengembangan multimedia pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi berbasis Smart Apps Creator (SAC) untuk siswa kelas VIII SMP efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sim p |
Keywords: | pengembangan, multimedia pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, Smart Apps Creator (SAC), bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 09:05 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/62106 |