PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KOMPUTASI PADA POKOK BAHASAN SIFAT KEPERIODIKAN UNSUR KELAS X SMAN 6 MEDAN

Rahmi, Anisyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KOMPUTASI PADA POKOK BAHASAN SIFAT KEPERIODIKAN UNSUR KELAS X SMAN 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131062_Cover.pdf] Text
4203131062_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4203131062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4203131062_Abstrak.pdf] Text
4203131062_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203131062_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131062_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4203131062_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131062_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4203131062_BAB_I.pdf] Text
4203131062_BAB_I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4203131062_BAB_V.pdf] Text
4203131062_BAB_V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4203131062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasisi kimia komputasi dengan berbantuan iSpring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen non tes, instrumen non tes yang digunakan berupa lembar validasi yang telah memenuhi stndar BSNP oleh validator dan lembar angket respon siswa. Dari hasil analisis media pembelajaran yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa pada sekolah SMA N 6 Medan menggunakan media pembelajaran berupa ppt biasa, papan tulis, guru cenderung menggunakan metode cermah sehingga siswa merasa bosan pada mata Pelajaran kimia, dan guru kurang memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, maka dari itu diperulakan media pembalajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa tidak merasa kesulitan dalam memahami materi kimia yang bersifat abstrak. Dengan adanya media pembelajaran berbasis kimia komputasi disajikan dengan iSpring akan lebih layak untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar diruang kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase rata-rata penilaian validator ahli materi pada kelayak isi yaitu kelayakan isi dengan persentase 81%. kelayakan penyajian dengan persentase
80%. kelayakan bahasa berdasarkan BSNP memperoleh persentase 87%. kelayakan kontekstual dengan 80%. Rata-rata dari keempat aspek tersebut yaitu 82%. Persentase rata-rata penilaian validasi ahli media yaitu pengaruh terhadap media pembelajaran 100%. rekayasa perangkat lunak 75%. Tampilan visual dan audio memiliki persentase 95%. Rata-rata dari ketiga aspek pada validasi ahli media yaitu 90%, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kimia komutasi “sangat layak” untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.807 12 Rah p
Keywords: Sifat periodik unsur; Komputasi; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Apr 2025 05:32
Last Modified: 10 Apr 2025 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61933

Actions (login required)

View Item
View Item