bangun, anisa putri (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064037 MEDAN TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1122111001 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 1122111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM. 1122111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1122111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM. 1122111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1122111001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 1122111001 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1122111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
12. NIM. 1122111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 1122111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antarahubunganketerampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siwa kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa SD Negeri 064037 Medan Tembung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adaalah penelitian asosiatif kausal dengan tekhnik korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, dengan mengambil seluruh jumlah populasi karena jumlah populasi yang kurang dari 100 orang..
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,41dengan rtabel = 0,361 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,41> 0,361 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar gurumemiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,378dengan ttabel = 1,701pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,378>1,701atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga hubungan antara variabel x dan variabel y dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaraketerampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung ”dapat diterima”. Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 119 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru ; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 02:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6192 |