Fena Manurung, Yandre Try (2024) IMPLEMENTASIGRAFDANMETODEWEBSTERDALAM OPTIMASI PENGATURANLAMPULALULINTAS(STUDI KASUS :SIMPANGPEMDAFLAMBOYANRAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193230016_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Cover.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 4193230016_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 4193230016_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Abstrak.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 4193230016_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Kata_Pengantar.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of 4193230016_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Daftar_Isi.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 4193230016_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Daftar_Gambar.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 4193230016_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 4193230016_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 4193230016_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_BAB_I.pdf
Download (582kB)
![[thumbnail of 4193230016_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_BAB_V.pdf
Download (253kB)
![[thumbnail of 4193230016_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193230016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Kemacetan menjadi kendala yang sering terjadi dalam hal berlalu lintas
di kehidupan sehari-hari. Kemacetan sering dijumpai di persimpangan jalan.
Penyebab kemacetan karena volume kendaraan yang padat. Persimpangan
Flamboyan Raya menjadi salah satu lokasi yang sering mengalami macet di Kota
Medan. Kemacetan yang ditimbulkan karena durasi lampu lalu lintas yang kurang
optimal. Untuk itu perlu pengoptimalan durasi lampu lalu lintas yang bertujuan
untuk mengurangi tingkat kemacetan. Teori graf dan metode Webster dapat
digunakan untuk pengoptimalan durasi lampu lalu lintas. Pada simpang Flamboyan
Raya menggunakan empat fase dengan menggunakan waktu siklus optimum 120
detik. Pada pagi hari durasi lampu hijau masing-masing jalan yaitu 31 detik untuk
Jalan Flamboyan Raya, 17 detik untuk Jalan Melati Raya, 34 detik untuk Jalan Setia
Budi (Utara) dan 34 detik untuk jalan Setia Budi (Selatan). Pada Siang hari durasi
lampu hijau masing-masing jalan yaitu 29 detik untuk Jalan Flamboyan Raya, 20
detik untuk Jalan Melati Raya, 32 detik untuk Jalan SetiaBudi (Utara) dan 34 detik
untuk jalan Setia Budi (Selatan). Pada sore hari durasi lampu hijau masing-masing
jalan yaitu 23 detik untuk Jalan Flamboyan Raya, 28 detik untuk Jalan Melati Raya,
36 detik untuk Jalan SetiaBudi (Utara) dan 30 detik untuk jalan Setia Budi (Selatan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lampu Lalu Lintas, Teori Graf, Siklus Optimum, Metode Webster |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 08:38 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61915 |