Girsang, Vany Talenta (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CASE BASED LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203141036_Cover.pdf
Download (130kB)
4203141036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (538kB)
4203141036_Abstrak.pdf
Download (188kB)
4203141036_Kata_Pengantar.pdf
Download (433kB)
4203141036_Daftar_Isi.pdf
Download (289kB)
4203141036_Daftar_Gambar.pdf
Download (43kB)
4203141036_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
4203141036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (296kB)
4203141036_BAB_I.pdf
Download (211kB)
4203141036_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (395kB)
4203141036_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
4203141036_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (788kB)
4203141036_BAB_V.pdf
Download (187kB)
4203141036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (749kB)
4203141036_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul Berbasis Case Based Learning Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIA SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model 4D. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI MIA degan jumlah 150 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 2 kelas yang menggunakan modul dan XI MIA 5 kelas yang hanya menggunakan buku paket saja. Penyusunan bentuk modul dikembangkan dengan sintaks Case Base Learning. Hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli materi diperoleh sebesar 98,57 dengan kriteria sangat layak. Penilaian kelayakan oleh ahli pembelajaran sebesar 97,91 dengan kriteria sangat layak dan ahli design sebesar 100 dengan kriteria sangat layak. Penilaian kemenarikan modul yang diberikan oleh guru biologi diperoleh sebesar 100 dengan kriteria sangat menarik. Penilaian kemenarikan oleh peserta didik diperoleh sebesar sebesar 99,78 dengan kriteria sanat menarik. Modul yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perbandingan nilai N-Gain kelas menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan buku paket.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul; Case based learning; Hasil belajar; Sistem ekskresi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:34 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 09:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61852 |
