PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 13 MEDAN

Sitompul, Roselinda (2024) PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141035_Cover.pdf] Text
4203141035_Cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4203141035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (976kB)
[thumbnail of 4203141035_Abstrak.pdf] Text
4203141035_Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4203141035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141035_Kata_Pengantar.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 4203141035_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141035_Daftar_Isi.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 4203141035_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203141035_Daftar_Gambar.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4203141035_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203141035_Daftar_Tabel.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4203141035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203141035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4203141035_BAB_I.pdf] Text
4203141035_BAB_I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4203141035_BAB_V.pdf] Text
4203141035_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4203141035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pebedaaan hasil belajar kognitif dan keaktifan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numberhead Together dan Student Achievement Division. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 13 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan jumlah total 428 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif adalah tes pilihan berganda sedangkan instrument non test yang digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa berupa lembar observasi.. Hasil penelitian terhadap keaktifan belajar menunjukkan bahwa rata-rata nilai keaktifan siswa dikelas NHT lebih tinggi dengan perolehan rata-rata 81,61 sedangkan kelas STAD memperoleh rata-rata 75,05. Hasil hipotesis data keaktifan siswa memperoleh nilai signifikansi 0,12 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Number head Together (NHT) dan Student Achievement Division (STAD). Hasil penelitian terhadap hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas dengan model NHT lebih tinggi yaitu 79.96 dibandingkan dengan kelas control yaitu 75. Hasil hipotesis data rata-rata posttest memperoleh nilai signifikansi 0,39 <0,05, yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered head Together dan Student Achievement Division.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan, Numbered Head Together, Student Teams Achievement Division, Sistem Reprodusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:56
Last Modified: 27 Mar 2025 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61836

Actions (login required)

View Item
View Item