PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN

Nababan, Rosalinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441015_Cover.pdf] Text
4202441015_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 4202441015_Abstrak.pdf] Text
4202441015_Abstrak.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4202441015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441015_Kata_Pengantar.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441015_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202441015_Daftar_Gambar.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202441015_Daftar_Tabel.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202441015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_I.pdf] Text
4202441015_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_V.pdf] Text
4202441015_BAB_V.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi di kelas X SMAN 12 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( Quasi eksperimental design) dan desain penelitian yaitu Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan essay serta lembar pengamatan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dan berada pada kategori tinggi, rata-rata hasil belajar psikomotrik siswa juga meningkat dan berada pada kategori sangat kompeten, serta rata-rata kemampuan berpikir kritis juga meningkat dan berada pada kategori kritis. Analisis uji menggunakan indenpendet T test, didapatkan data hasil belajar kogmitif dan psikomotorik siswa yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil tersebut sama dengan analisis data kemampuan berpikir kritis yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 yang menunjukkan adanya peningkatan juga pada hasil kemampuan berpikir kritis siwa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran, hasil belajar, kemampuan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:34
Last Modified: 27 Mar 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61834

Actions (login required)

View Item
View Item