Nababan, Rosalinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202441015_Cover.pdf
Download (186kB)
4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (664kB)
4202441015_Abstrak.pdf
Download (287kB)
4202441015_Kata_Pengantar.pdf
Download (915kB)
4202441015_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
4202441015_Daftar_Gambar.pdf
Download (284kB)
4202441015_Daftar_Tabel.pdf
Download (290kB)
4202441015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (288kB)
4202441015_BAB_I.pdf
Download (318kB)
4202441015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (530kB)
4202441015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
4202441015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
4202441015_BAB_V.pdf
Download (187kB)
4202441015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
4202441015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi di kelas X SMAN 12 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( Quasi eksperimental design) dan desain penelitian yaitu Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan essay serta lembar pengamatan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dan berada pada kategori tinggi, rata-rata hasil belajar psikomotrik siswa juga meningkat dan berada pada kategori sangat kompeten, serta rata-rata kemampuan berpikir kritis juga meningkat dan berada pada kategori kritis. Analisis uji menggunakan indenpendet T test, didapatkan data hasil belajar kogmitif dan psikomotorik siswa yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil tersebut sama dengan analisis data kemampuan berpikir kritis yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 yang menunjukkan adanya peningkatan juga pada hasil kemampuan berpikir kritis siwa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Berpikir kritis; Bioteknologi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:34 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 09:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61834 |
