Nababan, Rosalinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202441015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Cover.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of 4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (664kB)
![[thumbnail of 4202441015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Abstrak.pdf
Download (287kB)
![[thumbnail of 4202441015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Kata_Pengantar.pdf
Download (915kB)
![[thumbnail of 4202441015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 4202441015_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Daftar_Gambar.pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of 4202441015_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Daftar_Tabel.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 4202441015_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 4202441015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_BAB_I.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 4202441015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_BAB_V.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of 4202441015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi di kelas X SMAN 12 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( Quasi eksperimental design) dan desain penelitian yaitu Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan essay serta lembar pengamatan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dan berada pada kategori tinggi, rata-rata hasil belajar psikomotrik siswa juga meningkat dan berada pada kategori sangat kompeten, serta rata-rata kemampuan berpikir kritis juga meningkat dan berada pada kategori kritis. Analisis uji menggunakan indenpendet T test, didapatkan data hasil belajar kogmitif dan psikomotorik siswa yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil tersebut sama dengan analisis data kemampuan berpikir kritis yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 yang menunjukkan adanya peningkatan juga pada hasil kemampuan berpikir kritis siwa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran, hasil belajar, kemampuan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:34 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61834 |