PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN

Nababan, Rosalinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS X SMAN 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202441015_Cover.pdf] Text
4202441015_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202441015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 4202441015_Abstrak.pdf] Text
4202441015_Abstrak.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4202441015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202441015_Kata_Pengantar.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Isi.pdf] Text
4202441015_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202441015_Daftar_Gambar.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202441015_Daftar_Tabel.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202441015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_I.pdf] Text
4202441015_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_II.pdf] Text
4202441015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_III.pdf] Text
4202441015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_IV.pdf] Text
4202441015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[thumbnail of 4202441015_BAB_V.pdf] Text
4202441015_BAB_V.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4202441015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202441015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 4202441015_Lampiran.pdf] Text
4202441015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bioteknologi di kelas X SMAN 12 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( Quasi eksperimental design) dan desain penelitian yaitu Two Group Pretest Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XE 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan essay serta lembar pengamatan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dan berada pada kategori tinggi, rata-rata hasil belajar psikomotrik siswa juga meningkat dan berada pada kategori sangat kompeten, serta rata-rata kemampuan berpikir kritis juga meningkat dan berada pada kategori kritis. Analisis uji menggunakan indenpendet T test, didapatkan data hasil belajar kogmitif dan psikomotorik siswa yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil tersebut sama dengan analisis data kemampuan berpikir kritis yaitu sig 2 tailed 0,00 < 0,05 yang menunjukkan adanya peningkatan juga pada hasil kemampuan berpikir kritis siwa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SETS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Berpikir kritis; Bioteknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:34
Last Modified: 12 Aug 2025 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61834

Actions (login required)

View Item
View Item