HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SWASTA TIGA BUKIT PATUPANGAN BARUS TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Sibagariang, Rizka Kumalasari (2024) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA SWASTA TIGA BUKIT PATUPANGAN BARUS TAPANULI TENGAH TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172141016_Cover.pdf] Text
4172141016_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4172141016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172141016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4172141016_Abstrak.pdf] Text
4172141016_Abstrak.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4172141016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172141016_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4172141016_Daftar_Isi.pdf] Text
4172141016_Daftar_Isi.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4172141016_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172141016_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4172141016_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172141016_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4172141016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172141016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4172141016_BAB_I.pdf] Text
4172141016_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4172141016_BAB_V.pdf] Text
4172141016_BAB_V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 4172141016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172141016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Swasta Tiga Bukit Patupangan BarusTapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X , Khususnya siswa kelas X SMA Swasta Tiga Bukit Patupangan Barus Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024 sebanyak satu ruangan kelas dengan jumlah sampel 24 orang siswa. Objek penelitian berupa kondisi lingkungan di sekolah dengan hasil belajar. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik pendistribusian angket tentang kondisi lingkungan sekolah kepada siswa kelas X dengan menggunakan tabulasi . Pengumpul data berupa metode angket,menggumpulkan data hasil ujian akhir sekolah (UAS) dari dokumentasi guru biologi, dokumentasi. Untuk menguji hipotesis kerja digunakan uji koefisien korelasi dengan nilai korelasi 0,504 yang berarti kondisi lingkungan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa mempunyai korelasi yang kuat dan dari hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Swasta Tiga Bukit Patu Pangan Barus Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan nilai t-hitung 2,738 diterima. Kondisi Lingkungan Sekolah SMA Swasta Tiga Bukit Patu Pangan Barus Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024 umumnya pada kategori baik pada aspek kondisi fisik sekolah, kondisi sosial (non fisik) sekolah dan kondisi akademik. Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Swasta Tiga Bukit Patu Pangan Barus Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2023/2024 dengan rata- rata nilai 70,25, Ada 84% siswa hasil belajarnya melampaui nilai KKM (Nilai KKM = 70). Kondisi lingkungan sekolah memberikan kontribusi sebesar 25,40% terhadap hasil belajar biologi siswa.. Taraf signifikansi untuk pengujian hipotesis adalah Ha : Ada hubungan kondisi lingkungan sekolah dengan hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA Swasta Tiga Bukit Patupangan Barus Tapanuli Tengah TP 2023-2024 . Ho: Tidak ada hubungan kondisi lingkungansekolah dengan hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA Swasta Tiga Bukit Patupangan Barus Tapanuli Tengah TP 2023-2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kondisi Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Mar 2025 01:51
Last Modified: 27 Mar 2025 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61831

Actions (login required)

View Item
View Item