Akbar, Rifandy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN CANVA PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII MIA MAN PEMATANG SIANTAR T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171141039_Cover.pdf
Download (33kB)
4171141039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (888kB)
4171141039_Abstrak.pdf
Download (11kB)
4171141039_Kata_Pengantar.pdf
Download (230kB)
4171141039_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
4171141039_Daftar_Gambar.pdf
Download (62kB)
4171141039_Daftar_Tabel.pdf
Download (63kB)
4171141039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (61kB)
4171141039_BAB_I.pdf
Download (33kB)
4171141039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
4171141039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
4171141039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (467kB)
4171141039_BAB_V.pdf
Download (8kB)
4171141039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (15kB)
4171141039_Lampiran.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media interaktif berbasis multiple intelligences dengan Canva pada materi Metabolisme Sel. Desain penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru biologi, dan siswa kelas XII MIA MAN Pematang Siantar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah sebanyak 75 siswa. Objek penelitian ini adalah media interaktif berbasis multiple intelligences dengan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 60% berdasarkan penilaian ahli materi, kategori sangat valid dengan skor rata-rata 80,82% berdasarkan penilaian ahli media dan kategori sangat valid dengan skor rata-rata 82,47% berdasarkan penilaian ahli pembelajaran. Sedangkan kelayakan produk ini termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 98% berdasarkan respon guru biologi dan kategori sangat layak dengan skor rata-rata 91,67% berdasarkan respon
siswa. Keefektifan produk ini diujicobakan kepada siswa kelas XII MIA berdasarkan uji N-gain dan memperoleh kategori tinggi dengan skor 0,9718. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif memperoleh kriteria sangat layak dan telah memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media interaktif, multiple intelligences, canva, metabolisme sel. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:28 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 06:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61829 |
