PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN CANVA PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII MIA MAN PEMATANG SIANTAR T.P. 2023/2024

Akbar, Rifandy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN CANVA PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII MIA MAN PEMATANG SIANTAR T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171141039_Cover.pdf] Text
4171141039_Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4171141039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171141039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of 4171141039_Abstrak.pdf] Text
4171141039_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4171141039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171141039_Kata_Pengantar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4171141039_Daftar_Isi.pdf] Text
4171141039_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4171141039_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171141039_Daftar_Gambar.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4171141039_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171141039_Daftar_Tabel.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4171141039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171141039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4171141039_BAB_I.pdf] Text
4171141039_BAB_I.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4171141039_BAB_V.pdf] Text
4171141039_BAB_V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4171141039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171141039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media interaktif berbasis
multiple intelligences dengan Canva pada materi Metabolisme Sel. Desain penelitian
yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model
ADDIE, yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran,
guru biologi, dan siswa kelas XII MIA MAN Pematang Siantar yang terdiri dari 3
kelas dengan jumlah sebanyak 75 siswa. Objek penelitian ini adalah media interaktif
berbasis multiple intelligences dengan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
produk ini termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata 60% berdasarkan
penilaian ahli materi, kategori sangat valid dengan skor rata-rata 80,82% berdasarkan
penilaian ahli media dan kategori sangat valid dengan skor rata-rata 82,47%
berdasarkan penilaian ahli pembelajaran. Sedangkan kelayakan produk ini termasuk
dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 98% berdasarkan respon guru
biologi dan kategori sangat layak dengan skor rata-rata 91,67% berdasarkan respon
siswa. Keefektifan produk ini diujicobakan kepada siswa kelas XII MIA berdasarkan
uji N-gain dan memperoleh kategori tinggi dengan skor 0,9718. Hal ini menunjukkan
bahwa media interaktif memperoleh kriteria sangat layak dan telah memenuhi syarat
kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media interaktif, multiple intelligences, canva, metabolisme sel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Mar 2025 07:28
Last Modified: 26 Mar 2025 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61829

Actions (login required)

View Item
View Item