INOVASI BAHAN AJAR KIMIA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Sinaga, Sri Gustinawaty (2015) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136142020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136142020 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136142020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136142020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136142020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136142020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136142020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136142020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136142020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136142020 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136142020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136142020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136142020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8136142020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8136142020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136142020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh susunan urutan materi/sub materi yang disusun penulis pada bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri kelas X SMA/MA semester II telah sesuai dengan Kurikulum 2013. (2) Untuk mengetahui apakah bahan ajar inovatif yang telah dikembangkan untuk SMA/MA Kelas XI semester II pada pokok bahasan stoikiometri telah layak dan sesuai dengan Kurikulum 2013.(3)Untuk mengetahui apakah hasil implementasi bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 memberikan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMA/MA Kelas X semester II dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dijelaskan melalui angket dengan lembar kelayakan buku yang berisi indikator-indikator penilaian yang berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan data kuantitatif untuk mengetahui hasil efektifitas implementasi Bahan Ajar inovatif pada pokok bahasan Stoikiometri terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester I SMA Negeri 5 Tanjung Balai. Adapun perlakuan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas Eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil belajar siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan SPSS 17.0 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penilaian berupa rerata tentang validasi untuk menentukan layak atau tidaknya bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri berdasarkan kurikulum 2013. Hasil yang diperoleh: (1) Telah diperoleh susunan urutan materi/sub materi yang disusun penulis pada bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri SMA/MA kelas X semester II telah layak dan sesuai dengan Kurikulum 2013 (2) Bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri yang dikembangkan untuk SMA/MA kelas X semester II telah layak dan sesuai dengan kurikulum 2013 berdasarkan hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3.53, standarisasi kelayakan bahasa sebesar 3,68, standarisasi kelayakan penyajian sebesar 3,59, standarisasi kegrafikaan sebesar 3,54 (3) Terdapat perbedaan yang dignifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar inovatif pada pokok bahasan stoikiometri yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 memberikan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMA/MA Kelas X semester II dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. (Sig.1-tailed< α (0,0065 < 0,05)).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.260 712 Sin i
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Bahan ajar inovatif; Stoikiometri; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:42
Last Modified: 19 Jul 2016 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6178

Actions (login required)

View Item
View Item