Ginting, Esti Julianita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS GOOGLE SITES DAN MODERASI LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA ST IGNASIUS MEDAN T.P 2023/2024. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216166005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Cover.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8216166005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 8216166005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Kata_Pengantar.pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of 8216166005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Abstrak.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 8216166005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 8216166005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 8216166005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 8216166005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 8216166005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_BAB_I.pdf
Download (644kB)
![[thumbnail of 8216166005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_BAB_V.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 8216166005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216166005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (451kB)
Abstract
Terbatasnya jumlah media digital yang tersedia menjadi salah satu hambatan dalam memaksimalkan proses pembelajaran. Siswa tidak dapat mengulang dalam membaca dan mempelajari materi yang diajarkan selain disekolah tersebut. Berdasarkan observasi awal, peneliti menemukan masalah pada hasil belajar siswa SMA Medan kelas XI-IPS, hasil belajar yang diperoleh masih tergolong rendah serta ketersediaan media pembelajaran yang masih terbatas membuat para guru mengajar menggunakan media secara minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dalam bentuk digital berbasis CTL dengan literasi digital sebagai variabel moderasinya untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Santo Ignasius Medan. Penelitian ini menggunakan “model desain pembelajaran yang sifatnya lebih generik yaitu model ADDIE. Model pengembangan ini memiliki lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Ignasius Medan dengan populasi siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 36 siswa. Berdasarkan uji validasi kelayakan media digital berbasis CTL yang dilakukan oleh para ahli menunjukan hasil rata-rata 86,13% dengan kategori sangat layak. Perolehan nilai posttest kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media digital berbasis CTL yang dikembangkan rata-rata 89,59 sedangkan nilai posttest kelas kontrol yang diberikan media dari sekolah rata-rata 86,56. Hasil ini menunjukkan bahwa media digital berbasis CTL efektif digunakan. Selanjutnya hasil analisis uji anava 2 arah menyatakan bahwa Sig.2-tailed sebesar 0,000< 0,05. Karena hasil yang diperoleh bahwa Sig.2-tailed sebesar 0,00< 0,05. Karena nilai Sig.2-tailed kurang dari ɑ = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran digital pendekatan CTL dan yang tidak menggunakan media pembelajaran digital berbasis CTL. Kemudian hasil yang diperoleh bahwa Sig.2-tailed sebesar 0,062 lebih besar dari 0,05. Karena nilai Sig.2-tailed lebih bedar dari dari ɑ = 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yaitu tidak ada interaksi hasil belajar ekonomi siswa antara siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi dan rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran digital pendekatan CTL dan yang tidak menggunakan media pembelajaran digital berbasis CTL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Gin p |
Keywords: | Media pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Literasi Digital, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:11 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61613 |