PENGEMBANGAN E-MODUL PKN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 106156 KLUMPANG

Sari, Tri Indah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PKN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 106156 KLUMPANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181005_Cover.pdf] Text
8226181005_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8226181005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 8226181005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181005_Kata_Pengantar.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 8226181005_Abstrak.pdf] Text
8226181005_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 8226181005_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181005_Daftar_Isi.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8226181005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181005_Daftar_Tabel.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 8226181005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 8226181005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181005_Daftar_Gambar.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 8226181005_BAB_I.pdf] Text
8226181005_BAB_I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 8226181005_BAB_V.pdf] Text
8226181005_BAB_V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8226181005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul PKn Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III yang telah teruji kelayakan oleh validator ahli, respon guru dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R & D yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analisi (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). E-Modul PKn ini dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan angket respon guru kemudian dilanjutkan uji efektivitas. Hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi dengan kategori “Sangat layak”, ahli desain dengan kategori “Sangat layak”, ahli bahasa dengan kategori “Layak” dikarenakan sudah sesuai dengan aspek penilaian validator, serta angket respon guru dengan kategori “Sangat praktis”. Efektivitas siswa diperoleh hasil N-Gain rata -rata sebesar 0,772222. Menempatkan rata-rata dengan kategori “tinggi” dan kategori tafsiran efektifitas N-Gainnya 77,23% masuk pada tafsiran “Efektif”. Pada ranah afektif menggunakan elektronik modul PKn berbasis CTL terjadi menjadi kategori A yaitu sangat baik dengan skor 95%. Pada ranah Psikomotorik menggunakan elektronik modul PKn berbasis CTL terjadi peningkatan menjadi kategori A dan B (sangat baik dan baik). Maka disimpulkan produk E-Modul PKn dinyatakan layak digunakan di lapangan sebagai bahan ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 375.001 Sar p
Keywords: E-Modul, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:30
Last Modified: 24 Apr 2025 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61601

Actions (login required)

View Item
View Item