Sari, Tri Indah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PKN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 106156 KLUMPANG. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226181005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Cover.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 8226181005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 8226181005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 8226181005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Abstrak.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 8226181005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 8226181005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 8226181005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 8226181005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 8226181005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_BAB_I.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 8226181005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_BAB_V.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 8226181005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226181005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul PKn Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III yang telah teruji kelayakan oleh validator ahli, respon guru dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R & D yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analisi (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). E-Modul PKn ini dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan angket respon guru kemudian dilanjutkan uji efektivitas. Hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi dengan kategori “Sangat layak”, ahli desain dengan kategori “Sangat layak”, ahli bahasa dengan kategori “Layak” dikarenakan sudah sesuai dengan aspek penilaian validator, serta angket respon guru dengan kategori “Sangat praktis”. Efektivitas siswa diperoleh hasil N-Gain rata -rata sebesar 0,772222. Menempatkan rata-rata dengan kategori “tinggi” dan kategori tafsiran efektifitas N-Gainnya 77,23% masuk pada tafsiran “Efektif”. Pada ranah afektif menggunakan elektronik modul PKn berbasis CTL terjadi menjadi kategori A yaitu sangat baik dengan skor 95%. Pada ranah Psikomotorik menggunakan elektronik modul PKn berbasis CTL terjadi peningkatan menjadi kategori A dan B (sangat baik dan baik). Maka disimpulkan produk E-Modul PKn dinyatakan layak digunakan di lapangan sebagai bahan ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Sar p |
Keywords: | E-Modul, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61601 |