Lubis, Nur Kholila (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MELALUI APLIKASI POWTOON MATERI KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 PADANG LAWAS. Masters thesis, UNIMED.
8226182011_Cover.pdf
Download (39kB)
8226182011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (632kB)
8226182011_Kata_Pengantar.pdf
Download (250kB)
8226182011_Abstrak.pdf
Download (178kB)
8226182011_Daftar_Isi.pdf
Download (407kB)
8226182011_Daftar_Tabel.pdf
Download (279kB)
8226182011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (248kB)
8226182011_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
8226182011_BAB_I.pdf
Download (661kB)
8226182011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8226182011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8226182011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
8226182011_BAB_V.pdf
Download (142kB)
8226182011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (368kB)
8226182011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media interaktif melalui aplikasi powtoon yang layak untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran PKn kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas; (2) Menghasilkan media interaktif melalui aplikasi powtoon yang praktis untuk memudahkan proses belajar pada pelajaran PKn kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas; (3) Menghasilkan media interaktif melalui aplikasi powtoon yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development and Research). Dengan tahapan penelitian desain ADDIE (Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Sampel dalam penelitian ini kelas VII-2 menggunakan media interaktif melalui aplikasi powtoon. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal dan angket untuk mengetahui hasil belajar siswa. Validasi ahli dan uji coba siswa dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk. Uji N-Gain dilakukan untuk mengukur peningkatan antara pretest dan posttest dengan menggunakan media interaktif melalui aplikasi powtoon. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar 97,5%, ahli media sebesar 89,5% dan ahli bahasa sebesar 96% secara keseluruhan persentase hasil penilaian ketiga ahli dikategorikan sangat layak. Selanjutnya berdasarkan hasil uji N-Gain pada hasil belajar sebesar 0,73 dalam kategori tinggi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.8 Lub p |
| Keywords: | media interaktif, keberagaman Indonesia, hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:21 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 00:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61563 |
