Simbolon, Hannah Felicia (2024) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI PAHAMIFY SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
3203321007_Cover.pdf
Download (196kB)
3203321007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (658kB)
3203321007_Abstrak.pdf
Download (362kB)
3203321007_Kata_Pengantar.pdf
Download (407kB)
3203321007_Daftar_Gambar.pdf
Download (348kB)
3203321007_Daftar_Tabel.pdf
Download (348kB)
3203321007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (348kB)
3203321007_Daftar_Isi.pdf
Download (376kB)
3203321007_BAB_I.pdf
Download (484kB)
3203321007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3203321007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3203321007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3203321007_BAB_V.pdf
Download (259kB)
3203321007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (856kB)
3203321007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran aplikasi Pahamify sebagai media belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analitik kuantitatif dengan desain case control yang menggunakan uji t. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa pada kelas kontrol dan 36 orang siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol (kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru) maupun kelas eksperimen (kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify). Pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru, rerata nilai pre-test sebesar 55,55 dan rerata post-test sebesar 75,22. Pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify, rerata nilai pre-test 55,22 sebesar dan rerata post-test sebesar 84,78. Peningkatan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify berdasarkan selisih skor rerata pre-test dan post-test lebih tinggi (29,56) daripada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru (19,67). Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa penggunaan kedua aplikasi tersebut sama-sama berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji beda (uji t) antara kelompok yang diajar dengan aplikasi Pahamify dan kelompok yang diajar dengan aplikasi Ruangguru diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa penggunaan aplikasi Pahamify dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Medan, lebih berpengaruh daripada penggunaan aplikasi Ruangguru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | hasil belajar, Pahamify |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:45 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 03:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61520 |
