PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI PAHAMIFY SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 MEDAN

Simbolon, Hannah Felicia (2024) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI PAHAMIFY SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203321007_Cover.pdf] Text
3203321007_Cover.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 3203321007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203321007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 3203321007_Abstrak.pdf] Text
3203321007_Abstrak.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 3203321007_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203321007_Kata_Pengantar.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 3203321007_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203321007_Daftar_Gambar.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3203321007_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203321007_Daftar_Tabel.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3203321007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203321007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3203321007_Daftar_Isi.pdf] Text
3203321007_Daftar_Isi.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 3203321007_BAB_I.pdf] Text
3203321007_BAB_I.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 3203321007_BAB_II.pdf] Text
3203321007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203321007_BAB_III.pdf] Text
3203321007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203321007_BAB_IV.pdf] Text
3203321007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3203321007_BAB_V.pdf] Text
3203321007_BAB_V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 3203321007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203321007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 3203321007_Lampiran.pdf] Text
3203321007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran aplikasi Pahamify sebagai media belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analitik kuantitatif dengan desain case control yang menggunakan uji t. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa pada kelas kontrol dan 36 orang siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol (kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru) maupun kelas eksperimen (kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify). Pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru, rerata nilai pre-test sebesar 55,55 dan rerata post-test sebesar 75,22. Pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify, rerata nilai pre-test 55,22 sebesar dan rerata post-test sebesar 84,78. Peningkatan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Pahamify berdasarkan selisih skor rerata pre-test dan post-test lebih tinggi (29,56) daripada kelompok siswa yang diajar dengan aplikasi Ruangguru (19,67). Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa penggunaan kedua aplikasi tersebut sama-sama berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji beda (uji t) antara kelompok yang diajar dengan aplikasi Pahamify dan kelompok yang diajar dengan aplikasi Ruangguru diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa penggunaan aplikasi Pahamify dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Medan, lebih berpengaruh daripada penggunaan aplikasi Ruangguru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar, Pahamify
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:45
Last Modified: 19 Jun 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61520

Actions (login required)

View Item
View Item