Annisa pa, Eininta (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL DIFERENSIASI LEARNING DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
3201121014_Cover.pdf
Download (194kB)
3201121014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (907kB)
3201121014_Abstrak.pdf
Download (277kB)
3201121014_Kata_Pengantar.pdf
Download (312kB)
3201121014_Daftar_Gambar.pdf
Download (218kB)
3201121014_Daftar_Tabel.pdf
Download (218kB)
3201121014_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
3201121014_BAB_I.pdf
Download (552kB)
3201121014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
3201121014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
3201121014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3201121014_BAB_V.pdf
Download (288kB)
3201121014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (351kB)
3201121014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan model diferensiasi learning di SMA Negeri 1 Sunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah pada kelas X di SMA Negeri 1 Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMA Negeri 1 Sunggal sudah mulai memahami dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dikelasnya. Dalam langkah awal pembelajaran berdiferensiasi, guru sudah melakukan asessmen diagnostik untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik. Guru juga sudah menyusun modul ajar berdasarkan hasil asessmen diagnostik tersebut. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru melaksanakan pembelajaran berpedoman dari modul ajar yang telah disusun sebelumnya. Pembelajaran berdiferensiasi adalah bentuk pembelajaran dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Keberagaman keutuhan belajar peserta didik dapat dtinjau dari kesiapan belajar, profil belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari tiga aspek yakni, konten/isi, proses dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sunggal telah menjalankan ketiga aspek tersebut meskipun belum kedalam kategori pembelajaran berdiferensiasi yang maksimal. Pada diferensiasi konten/isi tidak seluruhnya dijalankan oleh guru, guru masih terbiasa untuk memberikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Untuk diferensiasi proses guru memberikan kegiatan pembelajaran yang beragam dan mendampingi peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Begitupun, untuk diferensiasi produk hasil belajar peserta didik, guru memberikan tugas dalam bentuk projek yang beragam sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Perencanaan, Pelaksanaan, Pembelajaran Berdiferensiasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:29 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 04:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61483 |
