ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL DIFERENSIASI LEARNING DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Annisa pa, Eininta (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL DIFERENSIASI LEARNING DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3201121014_Cover.pdf] Text
3201121014_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 3201121014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3201121014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of 3201121014_Abstrak.pdf] Text
3201121014_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 3201121014_Kata_Pengantar.pdf] Text
3201121014_Kata_Pengantar.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 3201121014_Daftar_Gambar.pdf] Text
3201121014_Daftar_Gambar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 3201121014_Daftar_Tabel.pdf] Text
3201121014_Daftar_Tabel.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 3201121014_Daftar_Isi.pdf] Text
3201121014_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 3201121014_BAB_I.pdf] Text
3201121014_BAB_I.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 3201121014_BAB_II.pdf] Text
3201121014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[thumbnail of 3201121014_BAB_III.pdf] Text
3201121014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[thumbnail of 3201121014_BAB_IV.pdf] Text
3201121014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3201121014_BAB_V.pdf] Text
3201121014_BAB_V.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 3201121014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3201121014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 3201121014_Lampiran.pdf] Text
3201121014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan model diferensiasi learning di SMA Negeri 1 Sunggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah pada kelas X di SMA Negeri 1 Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMA Negeri 1 Sunggal sudah mulai memahami dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dikelasnya. Dalam langkah awal pembelajaran berdiferensiasi, guru sudah melakukan asessmen diagnostik untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik. Guru juga sudah menyusun modul ajar berdasarkan hasil asessmen diagnostik tersebut. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru melaksanakan pembelajaran berpedoman dari modul ajar yang telah disusun sebelumnya. Pembelajaran berdiferensiasi adalah bentuk pembelajaran dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Keberagaman keutuhan belajar peserta didik dapat dtinjau dari kesiapan belajar, profil belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari tiga aspek yakni, konten/isi, proses dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sunggal telah menjalankan ketiga aspek tersebut meskipun belum kedalam kategori pembelajaran berdiferensiasi yang maksimal. Pada diferensiasi konten/isi tidak seluruhnya dijalankan oleh guru, guru masih terbiasa untuk memberikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Untuk diferensiasi proses guru memberikan kegiatan pembelajaran yang beragam dan mendampingi peserta didik untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Begitupun, untuk diferensiasi produk hasil belajar peserta didik, guru memberikan tugas dalam bentuk projek yang beragam sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:29
Last Modified: 19 Jun 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61483

Actions (login required)

View Item
View Item