PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SDS GALILEO PLUS MABAR T.A 2023/2024

SIMANUNGKALIT, YUNI MENTARI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SDS GALILEO PLUS MABAR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111044_Cover.pdf] Text
1201111044_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1201111044_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111044_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 1201111044_Abstrak.pdf] Text
1201111044_Abstrak.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1201111044_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111044_Kata_Pengantar.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1201111044_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111044_Daftar_Isi.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1201111044_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111044_Daftar_Gambar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1201111044_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111044_Daftar_Tabel.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1201111044_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111044_Daftar_Lampiran.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1201111044_BAB_I.pdf] Text
1201111044_BAB_I.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 1201111044_BAB_V.pdf] Text
1201111044_BAB_V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 1201111044_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111044_Daftar_Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Validitas kelayakan,
kepraktisan,dan keefektifan penggunaan modul ajar berbasis contextual teaching
and learning (CTL) pada pembelajaran Ipas materi wujud zat dan
perubahannya.Penelitian ini menggunakan desain Research And Development
(R&D) model ADDIE. Subjek Penelitian ini adalah siswa SDS Galileo Plus
Mabar Kec.Medan Deli,Kota Medan . Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah wawancara,angket serta lembar soal pre-test dan post-test. Berdasarkan
hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan : (1) Uji
kelayakan modul ajar oleh ahli materi mendapat kategori sangat layak diperoleh
skor sebesar 93,6 %, serta ahli media mendapat kategori sangat layak sebesar
94,4%, (2) Uji kepraktisan modul ajar berbasis contextual teaching and learning
(CTL) oleh guru mendapat kategori sangat layak diperoleh skor sebesar 90,90 %
(3) Uji keefektifan modul ajar berbasis contextual teaching and learning (CTL)
berdasarkan uji N-gain diperoleh 54,93% dengan kategori sangat efektif. Maka
dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis contextual teaching and learning
pada pembelajaran Ipas materi wujud zat dan perubahannya kelas IV SDS Galileo
Plus Mabar Kec.Medan Deli,Kota Medan layak digunakan untuk siswa saat
proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul Ajar IPAS, Berbasis Contextual Teaching And Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:43
Last Modified: 08 May 2025 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61479

Actions (login required)

View Item
View Item