ANALISIS MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)DI SDN106158 PEMATANG JOHAR T.A 2023/2024

ESRAYANTI S, YOSI (2024) ANALISIS MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)DI SDN106158 PEMATANG JOHAR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311155_Cover.pdf] Text
1193311155_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1193311155_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311155_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1193311155_Abstrak.pdf] Text
1193311155_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1193311155_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311155_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1193311155_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311155_Daftar_Isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193311155_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311155_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1193311155_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311155_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311155_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311155_Daftar_Lampiran.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1193311155_BAB_I.pdf] Text
1193311155_BAB_I.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1193311155_BAB_V.pdf] Text
1193311155_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193311155_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311155_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti mengenai kurangnya pemahaman siswa mengenai nilai
tempat sehingga menimbulkan miskonsepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui miskonsepiyang dialami siswa kelas II SDN 106158 Pematang Johar
T.A 2023/2024, dan mengetahui jenis-jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa
pada materi nilai tempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jalan
Mesjid Dusun X Pematang Johar, Pematang Johar, Kecamatan. Labuhan Deli,
Kabupaten. Deli Serdang. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian
yaitu siswa kelas II-A SDN 106158 Pematang Johar. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendeteksi
miskonsepsi yang terjadi pada siswa, digunakan metode Certainty of Response
Index (CRI) dengan menggunkan rentang nilai 0-5 agar melihat tingkat keyakinan
siswa dalam menjawab tes yang diberikan. Hasil penelitian ini menunjukan
rekapitulasi persentase peserta didik pada materi nilai tempat yaitu 25% siswa
mengalami paham konsep, 9 % siswa mengalami tidak paham konsep, dan 66%
siswa mengalami miskonsepsi. Dari 66% siswa yang mengalami miskonsepsi
terdentifikasi 4 jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa pada materi nilai tempat
yaitu miskonsepsi sistematik 28%, miskonsepsi dasar 8%, miskonsepsi
perhitungan 48%, dan miskonsepsi interpretasi bahasa 16%. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa siswa kelas II SDN 106158 Pematang Johar dalam menjawab
soal mengalami empat jenis miskonsepsi pada materi nilai tempat yaitu,
sistematik, dasar, perhitungan, dan interpretasi bahasa. Penyebab miskonsepsi
yang dialami oleh siswa adalah siswanya sendiri yang kesulitan dalam memahami
konsep dan minat belajar siswa lebih rendah terhadap mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Nilai Tempat, Jenis Miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:46
Last Modified: 08 May 2025 01:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61470

Actions (login required)

View Item
View Item