PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN KAHOOT PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG

HUTABARAT, YOHANA OKTORIA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN KAHOOT PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183111117_Cover.pdf] Text
1183111117_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1183111117_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111117_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1183111117_Abstrak.pdf] Text
1183111117_Abstrak.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1183111117_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111117_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1183111117_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111117_Daftar_Isi.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1183111117_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111117_Daftar_Gambar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1183111117_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111117_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1183111117_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183111117_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1183111117_BAB_I.pdf] Text
1183111117_BAB_I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1183111117_BAB_V.pdf] Text
1183111117_BAB_V.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 1183111117_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111117_Daftar_Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstract

Instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika merupakan tolak ukur tingkat berfikir yang dibuat pendidik untuk peserta didik sebagai sarana penilaian dengan menggunakan pendekatan matematika dalam perspektif budaya sebagai media pembelajaran. Penilaian hasil ujian matematika, biasanya pendidik membutuhkan waktu berminggu untuk memberikan nilai dari hasil ujian peserta didik. Mengatasi hal tersebut, pendidik dapat menggunakan peran teknologi dengan mengembangkan instrumen tes hots dengan bantuan smartphone dalam pembelajaran, baik luring maupun daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk melihat validitas dari instrumen HOTS berbasis etnomatematika dengan aplikasi kahoot 2)untuk melihat partikalitas dari hasil pengembangan instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika dengan bantuan aplikasi kahoot 3) Untuk melihat efektifitas dari hasil pengembangan instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika dengan bantuan aplikasi kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Dvelopment (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate).Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, kuesioner,tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualiatif. Data kualitatif berupa saran atau masukan yang diberikan ahli tes dan peserta didik. Sedangakan data kuantitatif berupa penilaian kualitas produk diperoleh dari kuesioner validasi ahli tes dan kuesioner pendidik serta hasil tes peserta didik. Hasil validasi oleh ahli tes memperoleh presentase 95% “sangat layak”. Selanjutnya hasil uji coba awal didapatkan nilai nilai rata-rata peserta didik sebesar 69 dengan presentase ketuntasan sebesar 60%, dan pada uji coba lapangan didapatkan nilai rata-rata peserta didik sebesar 90,3 dengan presentase ketuntasan sebesar 90%, terdapat peningkatan nilai yang signifikan. Disimpulkan instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika yang dikembangkan peneliti relevan dan menarik untuk dijadikan sebagai instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Instrumen Tes, HOTS, Etnomatematika, Kahoot.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 02:01
Last Modified: 08 May 2025 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61459

Actions (login required)

View Item
View Item