Situmeang, Diancrisy (2024) HUBUNGAN PERAN GURU SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP INTERNALISASI KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203121006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Cover.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 3203121006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 3203121006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Abstrak.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 3203121006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 3203121006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 3203121006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 3203121006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 3203121006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 3203121006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_BAB_I.pdf
Download (383kB)
![[thumbnail of 3203121006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_BAB_II.pdf
Download (647kB)
![[thumbnail of 3203121006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3203121006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (968kB)
![[thumbnail of 3203121006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_BAB_V.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 3203121006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (357kB)
![[thumbnail of 3203121006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual mengenai hubungan peran guru sejarah dalam Mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter terhadap internalisasi karakter siswa SMA Negeri 11 Medan. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Medan Jl. Pertiwi No. 93 Medan Tembung, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun akademik 2023/2024 sebanyak 350 orang dengan sampel 20% sebanyak 70 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan berupa angket/kuesioner kepada siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji signifikan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara peran guru sejarah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter terhadap internalisasi karakter siswa hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tingginya internalisasi karakter yang dimiliki siswa dengan peran guru sejarah dengan nilai rhitung adalah sebesar 0,930 dan rtabel sebesar 0,235 sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung > rtabel atau 0,930 > 0,235, sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Maka hipotesis (Ha) yang dirumuskan dapat diterima kebenarannya. Selain itu dilakukan juga perhitungan keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji “t” dimana diperoleh thitung = 20,86 dengan harga ttabel = 1,667 karena thitung > ttabel atau 20,86 > 1,667 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) = n-2 (70-2) = 68. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan antara peran guru sejarah dalam implementasi penguatan pendidikan karakter dengan internalisasi karakter terjadi korelasi yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru Sejarah, Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter, Internalisasi Karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61458 |