PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 101739 SEI MENCIRIM

HASIBUAN, WILDA SARI (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 101739 SEI MENCIRIM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111040_Cover.pdf] Text
1201111040_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 1201111040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 1201111040_Abstrak.pdf] Text
1201111040_Abstrak.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1201111040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111040_Kata_Pengantar.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 1201111040_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111040_Daftar_Isi.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 1201111040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111040_Daftar_Gambar.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1201111040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111040_Daftar_Tabel.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 1201111040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1201111040_BAB_I.pdf] Text
1201111040_BAB_I.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 1201111040_BAB_V.pdf] Text
1201111040_BAB_V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1201111040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (374kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan
kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di SDN
101739 Sei Mencirim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran ipas kelas IV SDN 101739 Sei Mencirim. Penelitian ini
dilakukan di SDN 101739 Sei Mencirim. Penelitian merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 101739 Sei Mencirim dan Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 29 siswa. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berupa pilihan berganda sebanyak
20 butir soal pada materi daerah tempat tinggalku zaman dahulu kelas IV Sekolah
Dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji
hipotesis. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif dan dilanjutkan dengan
uji paired simplet-test yaitu uji beda data berpasangan. Berdasarkan analisis data
deskriptif statistik rerata pretest sebesar 62 dan nilai rerata hasil posttest sebesar
86. Selanjutnya uji hipotesis melalui uji t- test diperoleh bahwa nilai t hitung
adalah 4,36 > 1,70 t tabel, nilai alpha 0,05 dengan derajat beda n-1. Maka Ho
ditolak artinya pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ipas kelas IV SDN 101739 Sei Mencirim dapat
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Sei Mencirim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi; Crossword Puzzle; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 02:04
Last Modified: 08 May 2025 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61450

Actions (login required)

View Item
View Item