Hotlien, Hasibuan (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARRATIVE BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. Judul.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. abstrak.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan memahami teks narrative siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching dibandingkan dengan strategi pembelajaran berbasis ekspositori, (2) perbedaan kemampuan memahami teks narrative siswa yang memiliki kecerdasan linguistik lebih tinggi dibandingkan dengan kecerdasan linguistik rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan memahami teks narrative Bahasa Inggris.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Provinsi Aceh semester genap tahun ajaran 2014/2015 terhadap kemampuan memahami teks narrative siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan kecerdasan linguistik siswa, sehingga sampel penelitian ini, pada kelompok pembelajaran, masing-masing terdiri dari 34 untuk eksperimen dan 34 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2x2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Tuckey.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan memahami teks narrative siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching lebih tinggi daripada strategi pembelajaran berbasis ekspositori taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 4,38 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung> Ftabel = 4,36>4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha di terima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan kemampuan memahami teks narrative siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 27,53 dan Ft = 4,00jadi Fhitung> Ftabel = 27,53>4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha di terima dan Ho di tolak, (3) besarnya rata-rata kemampuan memahami teks narrative siswa untuk setiap kelompok pembelajaran X ̅A1B1 = 91,06 dan X ̅A1B2 = 78,47 sedangkan X ̅A2B1 = 83,41 dan X ̅A2B2 = 79,59. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 di peroleh hasil perhitungan Fh = 7,85 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh(7,85) > Ft(4,00), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha di terima dan Ho di tolak.
Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk memahami teks narrative, maka semakin tinggi kemampuan memahami teks narrative siswa, atau semakin tinggi kecerdasan linguistik siswa dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang di peroleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan linguistik akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap kemampuan memahami teks narrative siswa pada pelajaran Bahasa Inggris dibandingkan dengan kecerdasan linguistik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.330 712 Has p |
Keywords: | Bahasa inggris; Strategi pembelajaran; Keerdasan linguistik; Teks naratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 02:37 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6142 |