PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 0666050 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

RAMADHANI, SYLVIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 0666050 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311077_Cover.pdf] Text
1203311077_Cover.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203311077_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311077_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1203311077_Abstrak.pdf] Text
1203311077_Abstrak.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1203311077_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311077_Kata_Pengantar.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of 1203311077_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311077_Daftar_Isi.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1203311077_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311077_Daftar_Gambar.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203311077_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311077_Daftar_Tabel.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203311077_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311077_Daftar_Lampiran.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203311077_BAB_I.pdf] Text
1203311077_BAB_I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1203311077_BAB_V.pdf] Text
1203311077_BAB_V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203311077_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311077_Daftar_Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mengembangkan
e-comic berbasis Canva pada materi seni tari untuk siswa kelas III di SD Negeri
066650 Medan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini
melibatkan 20 peserta didik kelas III sebagai subjek, 3 validasi ahli, dan 1 guru
dengan tujuan menguji kelayakan media e-comic dalam mata pelajaran seni tari
dalam kurikulum merdeka. Validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli soal
menunjukkan bahwa e-comic ini mendapatkan skor tinggi, ahli materi memberikan
skor 47 dari 50 (91.1%), ahli media memberikan skor 62 dari 65 (94%), dan ahli
soal memberikan skor 26 dari 30 (86.65%). Guru juga memberikan skor tinggi
untuk uji praktikalitas (97%), dengan semua aspek seperti tampilan, materi, dan
bahasa mendapatkan kategori "sangat layak" dan "valid". Hasil evaluasi
menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang dilihat
dari perbandingan skor pretes dan postes siswa, rata-rata hasil pretest siswa sebesar
57% sedangkan hasil posttest setelah penggunaan e-comic senilai 81,5 % dengan
validitas dan reliabilitas soal yang teruji menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Studi ini merekomendasikan penggunaan e-comic berbasis Canva sebagai media
pembelajaran yang efektif dan menarik dalam mendukung pembelajaran interaktif
dan kreatif di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-comic, Canva, Seni Tari, ADDIE, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:13
Last Modified: 28 May 2025 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61365

Actions (login required)

View Item
View Item