SARAGIH, SRI PEBRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS III SD NEGERI 101764 BANDAR KLIPPA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1191111044_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Cover.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 1191111044_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of 1191111044_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Abstrak.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 1191111044_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Kata_Pengantar.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 1191111044_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 1191111044_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of 1191111044_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 1191111044_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Daftar_Lampiran.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 1191111044_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_BAB_I.pdf
Download (331kB)
![[thumbnail of 1191111044_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_BAB_V.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 1191111044_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111044_Daftar_Pustaka.pdf
Download (229kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III yang rendah di
SD Negeri 101764 Bandar Klippa T.A 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran
Make A Match dan Talking Stick pada tema 4 subtema 2 Kewajiban dan Hak kelas
III SD Negeri 101764 Bandar Klippa T.A 2023/2024. Sampel penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IIIA (kelas eksperimen I) dan kelas IIIB (kelas
eksperimen II). Kelas III A dengan jumlah siswa sebanyak 20 sisiwa dan kels III
B dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan sampel dengan total sampling
yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent
Multiple Group Design dan data kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan
untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah 20 soal
yang telah diuji Validasi dan Reabilitasnya. Dari analisis data dengan sampel 20
siswa pada kelas eksperimen I pada Pre-Test 49,5 dam Post-Test 81 sedangkan
pada kelas eksperimen II pada Pre-Test 51,9 dam Post-Test 78,57. Pada taraf
signifikan 0,05. Kedua kelas uji Post-Test berdistribusi normal karena
0 t L L yaitu 0,154 0,192 kelas eksperimen I dan 0,178 0,188 kelas
eksperimen II. Uji homogenitas pada Post-Test kelas eksperimen I dan kelas
eksperimen II dengan hitung tabel F F yaitu 1,022 2,155. Dilakukan uji t pada taraf
nyata 0,05bahwa hitung tabel t t yaitu 2,336 1,168. Penulis menyimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Make A Match dan
Talking Stick pada tema 4 subtema 2 Kewajiban dan Hak kelas III SD Negeri
101764 Bandar Klippa T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:12 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61354 |