GINTING, SILVIA SARTIKA BR (2024) ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN LKPD TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 101965 KOTASAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202411029_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Cover.pdf
Download (104kB)
![[thumbnail of 1202411029_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (829kB)
![[thumbnail of 1202411029_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Abstrak.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 1202411029_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 1202411029_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Daftar_Isi.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 1202411029_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 1202411029_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Daftar_Tabel.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 1202411029_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 1202411029_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_BAB_I.pdf
Download (359kB)
![[thumbnail of 1202411029_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_BAB_V.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 1202411029_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (223kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah penggunaan LKPD terhadap pembelajaran matematika dibutuhkan di Kelas V SDN 101965 kotasan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan 21 siswa kelas V SDN 101965 Kotasan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapakan bahwa sekitar 95,24% siswa masih menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang diajarkan. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk memperkuat pemahaman siswa melalui alat bantu pembelajaran yang efektif, salah satunya yaitu penggunaan LKPD. LKPD dinilai sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik dan efektif, yang tidak hanya mempermudah pemahaman materi, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. LKPD berfungsi sebagai media pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi siswa, terutama dalam membantu mereka untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat lebih optimal dalam penggunaan LKPD guna memperkuat pemahaman siswa pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:31 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61337 |