RAHMITA, SHERINNA ALYA (2024) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 056018 KAMPUNG BAMBAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311042_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Cover.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 1203311042_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (532kB)
![[thumbnail of 1203311042_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Abstrak.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 1203311042_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Kata_Pengantar.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 1203311042_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Daftar_Isi.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 1203311042_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Daftar_Gambar.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 1203311042_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Daftar_Tabel.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 1203311042_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 1203311042_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_BAB_I.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 1203311042_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_BAB_V.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of 1203311042_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD interaktif berbasis aplikasi liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri 056018 Kampung Bamban T.A. 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 056018 Kampung Bamban yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran validator materi, media, dan praktisi pendidikan (guru), sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi memperoleh skor 69 (81,17%) dengan kriteria “Sangat Layak”, dan penilaian oleh ahli media memperoleh skor 73 (97,33%) dengan kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh guru kelas V memperoleh skor 99 (82,5%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas V menunjukkan peningkatan dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 40,93% dan hasil post-test memperoleh nilai 80,93%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa LKPD interakif berbasis aplikasi liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD Negeri 056018 Kampung Bamban T.A. 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, LKPD Interaktif, Liveworksheet, IPAS, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:31 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61334 |