PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064029 MEDAN T.A 2023/2024

NASUTION, SARI RAMADANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064029 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111020_Cover.pdf] Text
1203111020_Cover.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111020_Abstrak.pdf] Text
1203111020_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1203111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111020_Daftar_Isi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111020_Daftar_Tabel.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111020_Daftar_Gambar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_I.pdf] Text
1203111020_BAB_I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_II.pdf] Text
1203111020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_III.pdf] Text
1203111020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_IV.pdf] Text
1203111020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_V.pdf] Text
1203111020_BAB_V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111020_Lampiran.pdf] Text
1203111020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 064029 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sampel penelitian ini adalah 43 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran role playing dan IV C sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen tes melalui tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPAS siswa dilihat dari rata-rata nilai pada kelas eksperimen (IV A) dengan menggunakan model Pembelajaran role playing diperoleh rata-rata tes awal (pre-test) 64,29 dan rata-rata tes akhir (post-test) 80,24 sedangkan kelas kontrol (IV C) dengan menggunakan model ceramah diperoleh rata-rata pre-test 62,5 dan post-test 69,55. 2) Berdasarkan hasil rata-rata pre-test dan post-test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Berdasarkan uji statistik t pada data pre- test dan post-test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,476 >1,683 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SDN 064029 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Role playing, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:41
Last Modified: 20 Aug 2025 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61320

Actions (login required)

View Item
View Item