PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064029 MEDAN T.A 2023/2024

NASUTION, SARI RAMADANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064029 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111020_Cover.pdf] Text
1203111020_Cover.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111020_Abstrak.pdf] Text
1203111020_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1203111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111020_Daftar_Isi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111020_Daftar_Gambar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111020_Daftar_Tabel.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_I.pdf] Text
1203111020_BAB_I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 1203111020_BAB_V.pdf] Text
1203111020_BAB_V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 064029 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sampel penelitian ini adalah 43 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran role playing dan IV C sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen tes melalui tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPAS siswa dilihat dari rata-rata nilai pada kelas eksperimen (IV A) dengan menggunakan model Pembelajaran role playing diperoleh rata-rata tes awal (pre-test) 64,29 dan rata-rata tes akhir (post-test) 80,24 sedangkan kelas kontrol (IV C) dengan menggunakan model ceramah diperoleh rata-rata pre-test 62,5 dan post-test 69,55. 2) Berdasarkan hasil rata-rata pre-test dan post-test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Berdasarkan uji statistik t pada data pre- test dan post-test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,476 >1,683 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SDN 064029 Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Role playing, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:41
Last Modified: 12 Jun 2025 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61320

Actions (login required)

View Item
View Item