NASUTION, SARI RAMADANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064029 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Cover.pdf
Download (425kB)
![[thumbnail of 1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Abstrak.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 1203111020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 1203111020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Daftar_Isi.pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of 1203111020_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Daftar_Gambar.pdf
Download (364kB)
![[thumbnail of 1203111020_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1203111020_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1203111020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_BAB_I.pdf
Download (541kB)
![[thumbnail of 1203111020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_BAB_V.pdf
Download (265kB)
![[thumbnail of 1203111020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (119kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 064029 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Sampel penelitian ini adalah 43 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran role playing dan IV C sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen tes melalui tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPAS siswa dilihat dari rata-rata nilai pada kelas eksperimen (IV A) dengan menggunakan model Pembelajaran role playing diperoleh rata-rata tes awal (pre-test) 64,29 dan rata-rata tes akhir (post-test) 80,24 sedangkan kelas kontrol (IV C) dengan menggunakan model ceramah diperoleh rata-rata pre-test 62,5 dan post-test 69,55. 2) Berdasarkan hasil rata-rata pre-test dan post-test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran role playing memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Berdasarkan uji statistik t pada data pre- test dan post-test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,476 >1,683 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS Siswa kelas IV SDN 064029 Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Role playing, Hasil Belajar, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:41 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61320 |