Naibaho, Sarah Heirene (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311026_Cover.pdf
Download (69kB)
1203311026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (981kB)
1203311026_Abstrak.pdf
Download (128kB)
1203311026_Kata_Pengantar.pdf
Download (273kB)
1203311026_Daftar_Isi.pdf
Download (130kB)
1203311026_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
1203311026_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1203311026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (50kB)
1203311026_BAB_I.pdf
Download (297kB)
1203311026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (674kB)
1203311026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (485kB)
1203311026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (548kB)
1203311026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
1203311026_BAB_V.pdf
Download (62kB)
1203311026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (118kB)
1203311026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan keefektifan dari penggunaan metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pre-experimental design (nondesigns) dan bentuk one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 65 orang yang terbagi menjadi tiga kelas. Kelas eksperimen yang digunakan adalah kelas IVB. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu dengan purposive sampling, di mana sampel ditentukan melalui persyaratan dan kriteria tertentu. Melalui analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil nilai keterampilan berbicara siswa berkategori baik, artinya keterampilan berbicara siswa dipengaruhi oleh metode pembalajaran show and tell. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa. Dilihat dari nilai rata-rata pre-test yang diperoleh siswa kelas IVB yaitu 43,35 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,53 tampak peningkatan keterampilan berbicara. Didukung dengan pengujian hipotesis yaitu uji-t menunjukkan bahwa Asymp.Sig(Two-Sided) = 0,001 lebih kecil dari α=0,05. Melalui Uji N-Gain dengan perhitungan N-Gain skor yang skor minimum 0,60 dan maximum 1.00 dihasilkan mean skor sebesar 0,7721 sehingga masuk dalam kategori tinggi atau meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa metode show and tell berpengaruh dan efektif terhadap keterampilan bebicara siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Keterampilan Berbicara, Metode Show and Tell, Sekolah Dasar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:42 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 04:44 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61319 |
