PENGARUH PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024

Naibaho, Sarah Heirene (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311026_Cover.pdf] Text
1203311026_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1203311026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of 1203311026_Abstrak.pdf] Text
1203311026_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1203311026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311026_Kata_Pengantar.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1203311026_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311026_Daftar_Isi.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1203311026_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311026_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311026_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1203311026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 1203311026_BAB_I.pdf] Text
1203311026_BAB_I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1203311026_BAB_V.pdf] Text
1203311026_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1203311026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan keefektifan dari penggunaan metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pre-experimental design (nondesigns) dan bentuk one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 65 orang yang terbagi menjadi tiga kelas. Kelas eksperimen yang digunakan adalah kelas IVB. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu dengan purposive sampling, di mana sampel ditentukan melalui persyaratan dan kriteria tertentu. Melalui analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil nilai keterampilan berbicara siswa berkategori baik, artinya keterampilan berbicara siswa dipengaruhi oleh metode pembalajaran show and tell. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa. Dilihat dari nilai rata-rata pre-test yang diperoleh siswa kelas IVB yaitu 43,35 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,53 tampak peningkatan keterampilan berbicara. Didukung dengan pengujian hipotesis yaitu uji-t menunjukkan bahwa Asymp.Sig(Two-Sided) = 0,001 lebih kecil dari α=0,05. Melalui Uji N-Gain dengan perhitungan N-Gain skor yang skor minimum 0,60 dan maximum 1.00 dihasilkan mean skor sebesar 0,7721 sehingga masuk dalam kategori tinggi atau meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa metode show and tell berpengaruh dan efektif terhadap keterampilan bebicara siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Show and Tell, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:42
Last Modified: 12 Jun 2025 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61319

Actions (login required)

View Item
View Item