PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH

NATALI, RUTH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111121_Cover.pdf] Text
1203111121_Cover.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 1203111121_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111121_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 1203111121_Abstrak.pdf] Text
1203111121_Abstrak.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of 1203111121_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111121_Kata_Pengantar.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 1203111121_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111121_Daftar_Isi.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 1203111121_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111121_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1203111121_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111121_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203111121_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111121_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111121_BAB_I.pdf] Text
1203111121_BAB_I.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 1203111121_BAB_V.pdf] Text
1203111121_BAB_V.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 1203111121_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111121_Daftar_Pustaka.pdf

Download (603kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 orang siswa dan sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket Pre-test dan Post-test dengan 30 pertanyaan yang menggunakan Skala Likert dengan empat pilihan. Validitas dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Ms. Excel 2021. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil uji validitas angket Pre-test pada data hasil penelitian sebanyak 30 butir pertanyaan yang valid untuk kriteria pengujian karena telah memenuhi ketentuan rhitung > rtabel hingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa seluruh kuesioner layak digunakan menjadi instrument penelitian. Hasil uji Validitas pad angket Post test hasil uji validitas pada data hasil penelitian sebanyak 20 butir pernyataan kepada 30 responden, terdapat 14 butir pertanyaan yang valid untuk kriteria pengujian karena telah memenuhi ketentuan rhitung > rtabel hingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa seluruh kuesioner layak digunakan menjadi instrument penelitian. Kemudian untuk hasil uji reliabilitas data hasil penelitian dengan menggunakan Ms. Excel 2021. Dari hasil analisis melalui Ms Excell 2021 diperoleh nilai signifikansi > 0,05. Maka diperoleh T3 > Tabel Shapiro Wilk, maka distribusi data dinyatakan normal terhadap hasil Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi, Take and Give, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:28
Last Modified: 12 Jun 2025 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61294

Actions (login required)

View Item
View Item