NASUTION, RIZKY FAHROZI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKANKEMANDIRIANSISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 1005 SIDOMULIO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111051_Cover.pdf
Download (84kB)
1201111051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (763kB)
1201111051_Abstrak.pdf
Download (62kB)
1201111051_Kata_Pengantar.pdf
Download (168kB)
1201111051_Daftar_Isi.pdf
Download (159kB)
1201111051_Daftar_Tabel.pdf
Download (118kB)
1201111051_Daftar_Gambar.pdf
Download (95kB)
1201111051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
1201111051_BAB_I.pdf
Download (282kB)
1201111051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (614kB)
1201111051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (811kB)
1201111051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (899kB)
1201111051_BAB_V.pdf
Download (200kB)
1201111051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (128kB)
1201111051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian siswa pada tema 4 subtema 2 SDN 1005 Sidomulio. jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1005 Sidomulio sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata saat pretest yaitu 38,281 sedangkan nilai rata-rata saat melakukan posttest yaitu sebesar 79,0625. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistic dengan kriteria t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan a = 0,05, maka diperoleh hasil yaitu 19,690>1,697 sehingga H0 dotolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa dari perolehan t hitung dan t tabel terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian siswa pada tema 4 subtema 2 kelas V SDN 1005 Sidomulio. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas V SDN 1005 Sidomulio.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Kemandirian |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:35 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:10 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61224 |
