PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKANKEMANDIRIANSISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 1005 SIDOMULIO

NASUTION, RIZKY FAHROZI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKANKEMANDIRIANSISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 1005 SIDOMULIO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111051_Cover.pdf] Text
1201111051_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1201111051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of 1201111051_Abstrak.pdf] Text
1201111051_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1201111051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111051_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1201111051_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111051_Daftar_Isi.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1201111051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111051_Daftar_Gambar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1201111051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111051_Daftar_Tabel.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1201111051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1201111051_BAB_I.pdf] Text
1201111051_BAB_I.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 1201111051_BAB_V.pdf] Text
1201111051_BAB_V.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1201111051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian siswa pada tema 4 subtema 2 SDN 1005 Sidomulio. jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1005 Sidomulio sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata saat pretest yaitu 38,281 sedangkan nilai rata-rata saat melakukan posttest yaitu sebesar 79,0625. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistic dengan kriteria t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan a = 0,05, maka diperoleh hasil yaitu 19,690>1,697 sehingga H0 dotolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa dari perolehan t hitung dan t tabel terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian siswa pada tema 4 subtema 2 kelas V SDN 1005 Sidomulio. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas V SDN 1005 Sidomulio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:35
Last Modified: 16 Jun 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61224

Actions (login required)

View Item
View Item