ANISA, RINDY (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KINEMASTER PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 SISWA KELAS IV SDN 060852 MEDAN PERJUANGAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1193311073_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Cover.pdf
Download (107kB)
![[thumbnail of 1193311073_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (645kB)
![[thumbnail of 1193311073_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Abstrak.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 1193311073_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Kata_Pengantar.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 1193311073_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 1193311073_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Daftar_Gambar.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 1193311073_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 1193311073_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1193311073_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_BAB_I.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 1193311073_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_BAB_V.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of 1193311073_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193311073_Daftar_Pustaka.pdf
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas
dari Media Pembelajaran video animasi berbasis Kinemaster. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, instrumen tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi oleh tenaga
pendidik kelas IV. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan
berupa video animasi berbasis Kinemaster masuk kedalam kategori sangat layak.
Berdasarkan validasi : 1) Ahli Materi pembelajaran mendapatkan presentase ratarata
sebesar 85,5% dengan kategori “sangat layak”; 2) Ahli Media pembelajaran
dengan presentase rata-rata 83,75% dengan kategori “sangat layak”; 3) Ahli
Praktisi dengan presentase rata-rata 92% dengan kategori “sangat praktis”. Serta
dilanjutkan dengan penyebaran soal Pre-Test dan Post-Test pada Kelas IV dengan
jumlah siswa 21 orang, diperoleh nilai rata-rata Pre-Test 52,8 dengan kategori
“kurang efektif” meningkat dengan hasil rata-rata Post-Test yaitu dengan nilai
86,19 dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, Media Pembelajaran
Video Animasi berbasis Kinemaster Pada Tema 7 Subtema 1 siswa kelas IV yang
dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat
pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Animasi, Aplikasi Kinemaster, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 03:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61206 |