Sirait, Rame Yantina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BUMIKU SAYANG, BUMIKU MALANG KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBI REJO TIMUR T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311079_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Cover.pdf
Download (224kB)
![[thumbnail of 1203311079_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (613kB)
![[thumbnail of 1203311079_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Abstrak.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 1203311079_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Kata_Pengantar.pdf
Download (474kB)
![[thumbnail of 1203311079_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 1203311079_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 1203311079_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Daftar_Tabel.pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of 1203311079_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Daftar_Lampiran.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 1203311079_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_BAB_I.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of 1203311079_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_BAB_V.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 1203311079_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311079_Daftar_Pustaka.pdf
Download (475kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap hasil belajar IPAS materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang Topik A: Bumi Berubah Kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 104204 Sambi Rejo Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 104204 Sambi Rejo Timur, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dan Kelas VB sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar IPAS materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir pertemuan untuk mengetahui hasil dari kedua kelompok. Data dianalisis dengan menngunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajran IPAS kelas V SD Negeri 104204 Sambi Rejo Timur T.A 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 3,367 yang lebih besar dibandingkan ttabel 2,024 atau 3,367 > 2,024 pada taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang Kelas V SDN 104204 Sambi Rrejo Timur T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61182 |