PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM MENGHARGAI KEBERAGAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 101773 KOLAM KEC. PERCUT SEI TUAN

ZENDRATO, PUTRI SRI BUNGA HATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM MENGHARGAI KEBERAGAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 101773 KOLAM KEC. PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111004_Cover.pdf] Text
1202111004_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 1202111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202111004_Abstrak.pdf] Text
1202111004_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1202111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1202111004_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111004_Daftar_Isi.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 1202111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1202111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1202111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1202111004_BAB_I.pdf] Text
1202111004_BAB_I.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of 1202111004_BAB_V.pdf] Text
1202111004_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1202111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (490kB)

Abstract

Masalah yang mendasari penelitian ini adalah perilaku siswa yang masih kurang dalam menghargai keberagaman di sekitarnya, yang dapat dilihat dari cara siswa berteman dan berinteraksi dengan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap perilaku siswa dalam menghargai keberagaman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 101773 Kolam Kec. Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dan desain posttest only control design. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV A sebanyak 21 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebanyak 23 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu dengan uji independent t-test. Berdasarkan analisis data deskriptif, kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran role playing memperoleh nilai rata-rata 78,78 sedangkan kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 72,33. Selanjutnya hasil uji hipotesis melalui uji independent t-test perilaku menghargai keberagaman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai taraf signifikan (2 tailed) < 0,05 yaitu 0,035. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap perilaku siswa dalam menghargai keberagaman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 101773 Kolam, Kec. Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Role Playing, Perilaku Siswa, Menghargai Keberagaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:27
Last Modified: 01 Jul 2025 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61171

Actions (login required)

View Item
View Item