SIMANGUNSONG, PUTRI SADARIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111008_Cover.pdf
Download (67kB)
1203111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (377kB)
1203111008_Abstrak.pdf
Download (140kB)
1203111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
1203111008_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
1203111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (42kB)
1203111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1203111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (41kB)
1203111008_BAB_I.pdf
Download (365kB)
1203111008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
1203111008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (738kB)
1203111008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111008_BAB_V.pdf
Download (69kB)
1203111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
1203111008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model yang kurang bervariasi dan hasil belajar SBDPyang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar SBDP pada materi karya seni rupa makrame pada siswa kelas V SDN 101767 Tembung. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 101767 Tembung yang terdiri dari 2 kelas dengan kelas eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 Siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang berjenis Quasy Experimen Design. Design yang digunakan Pretest-Posttest control group design . Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari pada yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah Pretest sebesar 54,4 dengan Posttest sebesar 80 , sedangkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konensional adalah Pretest sebesar 40,25 dengan Posttest 57,75 . Teknik analisis data penelitian menggunakan rumus t-tes. Hasil hipotesis membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 7,337 > 2,019 pada taraf signifikasi α= 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditola Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran SBDP materi karya seni rupa makrame pada kelas V SDN 101767 Tembung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar, Model pembelajaran , Kooperatif tipe Think PairShare |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:28 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 04:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61169 |
