MAULIDIAH, PUSPITASARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDS UMMI FATIMAH T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202111007_Cover.pdf
Download (172kB)
1202111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1202111007_Abstrak.pdf
Download (222kB)
1202111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (241kB)
1202111007_Daftar_Isi.pdf
Download (239kB)
1202111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (167kB)
1202111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (139kB)
1202111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (156kB)
1202111007_BAB_I.pdf
Download (541kB)
1202111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
1202111007_BAB_V.pdf
Download (196kB)
1202111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (284kB)
1202111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Word square berbasis saintifik terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDS Ummi Fatimah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDS Ummi Fatimah Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi Pada teknis tes berupa Soal pilihan berganda yang terlebih dahulu sudah diuji dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa analisis statistik Deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Word square berbasis saintifik teradap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDS Ummi Fatimah, dilihat dari nilai rata-rata yang mana nilai pretest 54,4 menjadi 75,4 dengan nilai tertinggi 95 yang diperoleh 2 siswa dan nilai yang terendah ialah 60 yang diperoleh 1 sisswa. Perhitungan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung dengan t-tabel diperoleh thitung > ttabel yaitu nilai 7,81>1,711, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Word square berbasis saintifik terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDS Ummi Fatimah T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Word Square, Pendekatan Saintifik, dan Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:37 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 03:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61158 |
