GULO, NURHAYATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202411026_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Cover.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 1202411026_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (386kB)
![[thumbnail of 1202411026_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Abstrak.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 1202411026_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Kata_Pengantar.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 1202411026_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 1202411026_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1202411026_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 1202411026_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1202411026_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_BAB_I.pdf
Download (462kB)
![[thumbnail of 1202411026_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_BAB_V.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 1202411026_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar matematika
siswa pada kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Penelitian ini
menggunakan nonequivalent control group sebagai desain dalam penelitian.
Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V di SD Negeri
060943 Medan yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini menggunakan seluruh
populasi yang ada sebagai sampel dalam penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas
kontrol dan V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data
menggunakan deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan aplikasi SPSS sebagai
bantuan dalam menganalisis data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan
perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside Outside
Circle) sebesar 80,25, sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional yaitu 46,16. Berdasarkan analisis data yang dilakukan,
seluruh data yang diperoleh sudah berdistribusi normal dan seluruh varians sudah
bersifat homogen. Hasil penelitian melalui uji hipotesis yaitu uji Independent
Sample t test menunjukkan bahwa nilai sig.two tailed <0,001, yang artinya kurang
dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar yang
signifikan, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside Outside
Circle) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe IOC (Inside Outside Circle) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61132 |