KHASANAH, NUR (2024) PENGARUH GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL VOCABULARY SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 057203 ARA CONDONG KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111019_Cover.pdf
Download (223kB)
1201111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1201111019_Abstrak.pdf
Download (239kB)
1201111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (476kB)
1201111019_Daftar_Isi.pdf
Download (611kB)
1201111019_Daftar_Tabel.pdf
Download (314kB)
1201111019_Daftar_Gambar.pdf
Download (293kB)
1201111019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (487kB)
1201111019_BAB_I.pdf
Download (535kB)
1201111019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (852kB)
1201111019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (816kB)
1201111019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1201111019_BAB_V.pdf
Download (498kB)
1201111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (527kB)
1201111019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Grammar Translation Method (GTM) terhadap kemampuan menghafal vocabulary siswa kelas IV di SDN 057203 Ara Condong Kabupaten Langkat, dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode Grammar Translation Method sering digunakan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar untuk mengajarkan kosakata dengan cara yang terstruktur dan terfokus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 057203 Ara Condong berjulah 48 orang yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Kelas IV sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol berjumlah 23 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Grammar Translation Metthod dan kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequaivalent Control Group. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengevaluasi kemampuan menghafal vocabulary siswa. Analisis data penelitian dilakukan dengan menerapkan analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan menghafal vocabulary siswa mengalami peningkatan baik pada kelompok eksperimen namun untuk kelompok kontrol tidak meningkat dengan baik karena tidak ada siswa yang tuntas pada kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata pada kelas eskperimen sebesar 16,6. (2) terdapat pengaruh signifikan dari pengaruh grammar translation method (gtm) terhadap kemampuan menghafal vocabulary siswa yang ditandai dengan nilai thitung sebesar 3, 018 > ttabel 2,059 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Grammar Translation Method, Kemampuan Menghafal Vocabulary |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:47 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61126 |
