PENGARUH GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL VOCABULARY SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 057203 ARA CONDONG KABUPATEN LANGKAT

KHASANAH, NUR (2024) PENGARUH GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL VOCABULARY SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 057203 ARA CONDONG KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111019_Cover.pdf] Text
1201111019_Cover.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1201111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111019_Abstrak.pdf] Text
1201111019_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1201111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 1201111019_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111019_Daftar_Isi.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 1201111019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111019_Daftar_Gambar.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1201111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1201111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 1201111019_BAB_I.pdf] Text
1201111019_BAB_I.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 1201111019_BAB_V.pdf] Text
1201111019_BAB_V.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 1201111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan Grammar Translation Method (GTM) terhadap kemampuan menghafal vocabulary siswa kelas IV di SDN 057203 Ara Condong Kabupaten Langkat, dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode Grammar Translation Method sering digunakan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar untuk mengajarkan kosakata dengan cara yang terstruktur dan terfokus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 057203 Ara Condong berjulah 48 orang yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Kelas IV sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol berjumlah 23 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Grammar Translation Metthod dan kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequaivalent Control Group. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengevaluasi kemampuan menghafal vocabulary siswa. Analisis data penelitian dilakukan dengan menerapkan analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan menghafal vocabulary siswa mengalami peningkatan baik pada kelompok eksperimen namun untuk kelompok kontrol tidak meningkat dengan baik karena tidak ada siswa yang tuntas pada kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata pada kelas eskperimen sebesar 16,6. (2) terdapat pengaruh signifikan dari pengaruh grammar translation method (gtm) terhadap kemampuan menghafal vocabulary siswa yang ditandai dengan nilai thitung sebesar 3, 018 > ttabel 2,059 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Grammar Translation Method, Kemampuan Menghafal Vocabulary
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:47
Last Modified: 01 Jul 2025 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61126

Actions (login required)

View Item
View Item