Luthfi, Khazlaini (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
8216172002_Cover.pdf
Download (233kB)
8216172002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (896kB)
8216172002_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
8216172002_Abstrak.pdf
Download (238kB)
8216172002_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
8216172002_Daftar_Tabel.pdf
Download (235kB)
8216172002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
8216172002_Daftar_Gambar.pdf
Download (207kB)
8216172002_BAB_I.pdf
Download (485kB)
8216172002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216172002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216172002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8216172002_BAB_V.pdf
Download (174kB)
8216172002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
8216172002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran E-Modul menggunakan model Realistic Mathematic Education dengan bantuan Flip PDF Professional pada materi persamaan lingkaran. Fokus utama penelitian adalah meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa dengan mencapai standar validitas, praktis, dan efektivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan penerapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 45 siswa kelas XI SMA, dengan objek penelitian berupa E-Modul matematika yang menggunakan bantuan Flip PDF Professional pada materi persamaan lingkaran. Instrumen pengumpulan data melibatkan penggunaan angket dan pemberian tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul matematika berbantuan Flip PDF Professional yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, dengan skor kevalidan mencapai 3,65. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik, dengan skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,9 dan respon siswa yang menunjukkan ketertarikan sebesar 3,6. Uji keefektivitas menunjukkan bahwa E-Modul tersebut dapat dianggap sangat efektif, dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 86,9%, dan ketercapaian motivasi belajar siswa sebesar 91%. Kesimpulannya, E-Modul yang dikembangkan dalam penelitian ini telah terbukti valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa SMA.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Lut p |
| Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, Realistic Mathematic Education, Penalaran Matematis, Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:53 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61123 |
