SARAGIH, NOVITA MEI SANDI (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GAYA BELAJAR KINESTETIK MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111062_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Cover.pdf
Download (527kB)
![[thumbnail of 1203111062_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111062_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Abstrak.pdf
Download (645kB)
![[thumbnail of 1203111062_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Kata_Pengantar.pdf
Download (715kB)
![[thumbnail of 1203111062_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Daftar_Isi.pdf
Download (611kB)
![[thumbnail of 1203111062_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Daftar_Gambar.pdf
Download (546kB)
![[thumbnail of 1203111062_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Daftar_Tabel.pdf
Download (551kB)
![[thumbnail of 1203111062_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Daftar_Lampiran.pdf
Download (548kB)
![[thumbnail of 1203111062_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_BAB_I.pdf
Download (732kB)
![[thumbnail of 1203111062_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_BAB_V.pdf
Download (496kB)
![[thumbnail of 1203111062_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111062_Daftar_Pustaka.pdf
Download (641kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis gaya belajar kinestetik menggunakan model pembelajaran TGT materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada pecahan biasa dan campuran pada siswa Kelas V sekolah dasar. Penelitian ini disusun dan dikembangkan menggunakan metode R&D model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) potensi masalah (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik Kelas V SDN 091299 Sipoldas berjumlah 27 orang. Hasil penelitian ini yaitu 89,3% hasil uji validasi ahli materi dengan kategori sangat layak, 93,3% hasil uji validasi ahli media dengan kategori sangat layak, dan 90,7% hasil uji validasi ahli praktikalitas dengan kategori sangat layak. Keefektifan LKPD dinilai berdasarkan pada perolehan nilai pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain persen dengan perolehan hasil sebesar 67,4% dengan kategori efektif. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk pembeajaran berupa LKPD berbasis gaya belajar kinestetik menggunakan model pembelajaran TGT layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, gaya belajar kinestetik, model pembelajaran TGT, pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61122 |