PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKNA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS IV SDN 106810 SAMPALI

LESTARI, NANDA AYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAKNA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS IV SDN 106810 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202311002_Cover.pdf] Text
1202311002_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1202311002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202311002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of 1202311002_Abstrak.pdf] Text
1202311002_Abstrak.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1202311002_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202311002_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1202311002_Daftar_Isi.pdf] Text
1202311002_Daftar_Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1202311002_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202311002_Daftar_Gambar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1202311002_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202311002_Daftar_Tabel.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1202311002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202311002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1202311002_BAB_I.pdf] Text
1202311002_BAB_I.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 1202311002_BAB_V.pdf] Text
1202311002_BAB_V.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 1202311002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202311002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Materi Makna Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN 106810 Sampali yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel sampling. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran STAD pada pretest sebesar 46,75 sedangkan postest sebesar 82,25 dan nilai hasil belajar menggunakan model konvensional pada pretest sebesar 48,50 sedangkan postest sebesar 77,25. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen serta hasil pengujian hipotesis diperoleh harga Sig. 0,000 dimana nilai Sig. < (0,05), menunjukkan H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dengan menggunakan model STAD terhadap hasil belajar siswa pada Materi Makna Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model STAD, Model Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:47
Last Modified: 01 Jul 2025 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61091

Actions (login required)

View Item
View Item