NASUTION, NAHDIYAH JUHRO (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CASE METHOD PADA TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV MIS NURUL HIDAYAH T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311056_Cover.pdf
Download (86kB)
1193311056_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (266kB)
1193311056_Abstrak.pdf
Download (130kB)
1193311056_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
1193311056_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
1193311056_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
1193311056_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1193311056_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1193311056_BAB_I.pdf
Download (295kB)
1193311056_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (582kB)
1193311056_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (640kB)
1193311056_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (907kB)
1193311056_BAB_V.pdf
Download (125kB)
1193311056_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
1193311056_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan
produk media Pop-Up Book pada kelas IV MIS Nurul Hidayah yang dapat
digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam
menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and
Evaluation. Model ADDIE melalui tahapan (1) analisis, (2) desain, (3)
pengembangan, (4) penerapan, (5) evaluasi. Adapun subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
wawancara, angket, tesdan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan
menunjukkan bahwa: (1) Produk yang telah dihasilkan mendapatkan penilaian
dari segi materi dengan persentase 88,5% termasuk kategori “Sangat Layak”,
penilaian dari segi desain media dengan persentase 88,3% termasuk kategori
“Sangat Layak”, (2) Hasil penilaian praktikalitas penggunaan media mendapatkan
persentase akhir 92,7% dengan kategori “Sangat Praktis”, (3) hasil rata-rata
sebelum diterapkan media 55,4% dan setelah diterapkan media 86,6%. Sedangkan
N-gain sebesar 0,74 dengan rata-rata 74% dengan kategori :Efektif”. Berdasarkan
hasil uji kelayakan, praktisan, dan keefektifan produk ini maka dapat disimpulkan
bahwa media Pop-Up Book ini sangat layak, praktis, dan efektif digunakan dalam
proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Case Method. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:47 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61055 |
