PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101885 KIRI HILIR T.A. 2024/2025

SAKTI, MUHAMMAD BIMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101885 KIRI HILIR T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111015_Cover.pdf] Text
1203111015_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1203111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111015_Abstrak.pdf] Text
1203111015_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1203111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 1203111015_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111015_Daftar_Isi.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1203111015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111015_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203111015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111015_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203111015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 1203111015_BAB_I.pdf] Text
1203111015_BAB_I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 1203111015_BAB_V.pdf] Text
1203111015_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian penelitian eksperimen. Sedangkan Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi kalimat perintah kelas V SD Negeri 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025. Hal ini dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pre-test kepada siswa, nilai rata-rata pre-test yaitu 54,19. Setelah diberikan perlakuan secara dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match selanjutnya diberikan soal post-test. Berdasarkan hasil post-test terlihat bahwa nilai rata-rata post-test yang diperoleh yaitu 77,06. Sedangkan dengan membandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test diketahui nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 22,87. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,257 > 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:50
Last Modified: 01 Jul 2025 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61038

Actions (login required)

View Item
View Item